Peningkatan Kemandirian Dan Hasil Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Matematika Melalui Model Pembelajaran Advance Organizer Bagi Siswa Kelas VII SMP Al-Islam 1 Surakarta Tahun Ajaran 2012/2013

Wahda, Rofiah Nurul and , Dr. Sumardi, M.Si (2013) Peningkatan Kemandirian Dan Hasil Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Matematika Melalui Model Pembelajaran Advance Organizer Bagi Siswa Kelas VII SMP Al-Islam 1 Surakarta Tahun Ajaran 2012/2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
03._HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (848kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
04._BAB_I.pdf

Download (175kB)
[img] PDF (Bab II)
05._BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (234kB)
[img] PDF (Bab III)
06._BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (205kB)
[img] PDF (Bab IV)
07._BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (260kB)
[img] PDF (Bab V)
08._BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (154kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
09._DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (168kB)
[img] PDF (Lampiran)
10._LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
02._NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (678kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penigkatan kemandirian dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran matematika melalui model pembelajaran Advance Organizer. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Subjek penerima tindakan adalah siswa kelas VII A SMP AL-Islam 1 Surakarta yang berjumlah 24 siswa dan subjek pemberi tindakan adalah guru matematika kelas VII A SMP AL-Islam 1 Surakarta. Metode pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara atau diskusi, kajian dokumen, dan tes. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan kemandirian dan hasil belajar matematika siswa. Hal ini dapat dilihat dari indikator kemandirian siswa yang meliputi 1) kemampuan menyelesaikan tugas dan tanggung jawab sebelum tindakan 41,67% setelah dilakukan tindakan kelas putaran I menjadi 58,33%, meningkat pada tindakan kelas II 66,67% dan setelah tindakan kelas putaran III menjadi 87,5%, 2) kemampuan menyelesaikan masalah sebelum tindakan sebesar 31,33%, pada tindakan kelas putaran I 45,83%, putaran II 58,33%, dan setelah dilakukan tindakan kelas III 83,33%, dan 3) percaya pada kemampuan diri sendiri sebelum tindakan sebesar 16,67%, pada tindakan kelas putaran I 33,33%, putaran II 58,33%, dan sesudah tindakan kelas putaran III sebesar 79,17%. Serta indikator hasil belajar matematika yaitu nilai siswa di atas standar ketuntasan minimal (KKM) sebelum tindakan sebesar 25%, dilakukan tindakan kelas putaran I sebesar 50%, meningkat pada tindakan kelas putaran II sebesar 58,33%, dan setelah dilakukan tindakan kelas putaran III sebesar 75%. Penelitian ini menyimpulkan bahwa model pembelajaran Advance Organizer dalam pembelajaran matematika dapat meingkatkan kemandirian dan hasil belajar matematika siswa.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Advance organizer, kemandirian, hasil belajar matematika
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Users 10 not found.
Date Deposited: 22 Jul 2013 10:35
Last Modified: 02 Nov 2021 22:18
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/24990

Actions (login required)

View Item View Item