Damayanti, Ratih and , Dra. Sri Sutarni, M.Pd (2013) Peningkatan Aktivitas Belajar Matematika Dengan Metode Spontaneous Group Discussion (PTK pada Kelas VII C SMP Negeri 1 Karanganyar Tahun 2012/2013). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf Download (782kB) |
|
|
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf Download (99kB) |
|
PDF (Bab II)
BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (421kB) |
||
PDF (Bab III)
BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (214kB) |
||
PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (278kB) |
||
PDF (Bab V)
BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (99kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (9kB) |
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
||
|
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf Download (571kB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini meningkatkan aktivitas belajar siswa dalam pembelajaran matematika melalui metode Spontaneous Group Discussion (SGD). Jenis penelitian ini adalah PTK kolaboratif. Subyek penelitian adalah siswa kelas VIIC SMP Negeri 1 Karanganyar. Metode pengumpulan data melalui metode observasi, wawancara, catatan lapangan dan dokumentasi. Teknik analisis data secara deskriptif kualitatif dengan metode alur. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan aktivitas belajar siswa pada pembelajaran matematika melalui metode SGD. Hal ini dapat dilihat dari: 1) Aktivitas siswa dalam bertanya atau mengemukakan pendapat sebelum dilakukan tindakan 13,04%, putaran I 39,1% dan putaran II 65,22%, 2) Aktivitas siswa dalam memecahkan masalah sebelum dilakukan tindakan 17,4%, putaran I 43,5% dan putaran II 73,91%, 3) Aktivitas siswa dalam menanggapi ide teman sebelum dilakukan tindakan 8,7%, putaran I 30,43% dan putaran II 52,8%. Kesimpulan penelitian ini adalah bahwa penerapan metode SGD dapat meningkatkan aktivitas belajar matematika.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Aktivitas Belajar, Spontaneous Group Discussion |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Users 10 not found. |
Date Deposited: | 22 Jul 2013 10:29 |
Last Modified: | 02 Nov 2021 22:18 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/24989 |
Actions (login required)
View Item |