Meningkatkan Keaktifan Siswa Melalui Pembelajaran Contextual Teaching And Learning (CTL) Teknik Modelling Dalam Pembelajaran Matematika (PTK Pada Siswa Kelas V SD Negeri 3 Mangunrejo, Purwodadi Tahun 2012/2013)

Sugiarti, Iin and , Prof. Dr. Budi Murtiyasa, M.Kom. (2013) Meningkatkan Keaktifan Siswa Melalui Pembelajaran Contextual Teaching And Learning (CTL) Teknik Modelling Dalam Pembelajaran Matematika (PTK Pada Siswa Kelas V SD Negeri 3 Mangunrejo, Purwodadi Tahun 2012/2013). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
03._Halaman_Depan.pdf

Download (603kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
04._BAB_I.pdf

Download (98kB)
[img] PDF (Bab II)
05._BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (176kB)
[img] PDF (Bab III)
06._BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (123kB)
[img] PDF (Bab IV)
07._BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (426kB)
[img] PDF (Bab V)
08._BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (64kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
09._Daftar_Pustaka.pdf

Download (100kB)
[img] PDF (Lampiran)
10._Lampiran-Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
02._Naskah_Publikasi.pdf

Download (661kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keaktifan siswa dalam pelajaran matematika melalui pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) teknik Modelling. Jenis penelitian adalah penelitian tindakan kelas(PTK). Subjek penerima tindakan adalah siswa kelas V SD Negeri 3 Mangunrejo yang berjumlah 23 siswa. Metode pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukan adanya peningkatan keaktifan dalam pembelajaran dengan indikator 1) siswa aktif dalam mengajukan pertanyaan sebelum tindakan 13,64% meningkat menjadi 71,43% pada akhir tindakan, 2) siswa aktif dalam mengemukakan pendapat sebelum tindakan 13,64% meningkat menjadi 76,19% pada akhir tindakan, 3) siswa mampu mengerjakan soal didepan kelas atau mampu menjawab pertanyaan dari guru sebelum tindakan 18,18% meningkat menjadi 76,19% pada akhir tindakan. Sehingga dapat disimpulkan bahwa pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) teknik Modelling dapat meningkatkan keaktifan matematika.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: keaktifan siswa, Contextual Teaching and Learning (CTL), teknik Modelling
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Users 10 not found.
Date Deposited: 22 Jul 2013 10:22
Last Modified: 02 Nov 2021 22:17
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/24988

Actions (login required)

View Item View Item