Peningkatan Komunikasi Dan Hasil Belajar Matematika Siswa Melalui Strategi Pembelajaran Aktif Tipe Aktive Knowledge Sharing Pada Pokok Bahasan Kubus Dan Balok (PTK bagi Siswa Kelas VIIIA SMP Al-Islam 1 Surakarta Tahun Ajaran 2012/2013)

Widyaningrum, Listiyana and , Dr. Sumardi, M.Si (2013) Peningkatan Komunikasi Dan Hasil Belajar Matematika Siswa Melalui Strategi Pembelajaran Aktif Tipe Aktive Knowledge Sharing Pada Pokok Bahasan Kubus Dan Balok (PTK bagi Siswa Kelas VIIIA SMP Al-Islam 1 Surakarta Tahun Ajaran 2012/2013). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (750kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I_.pdf

Download (206kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II_.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (384kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III_.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (333kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (338kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (185kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (257kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (547kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan, meningkatkan komunikasi dan hasil belajar matematika dengan strategi pembelajaran aktif tipe Active Knowledge Sharing bagi siswa kelas VIIIA SMP Al-Islam 1 Surakarta. Design penelitian, penelitian tindakan kelas (PTK). Subyek penerima tindakan siswa kelas VIIIA berjumlah 28. Teknik pengumpulan data, observasi, catatan lapangan, dokumentasi, dan metode tes. Teknik analisis data yang digunakan yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan kemampuan komunikasi dan hasil belajar matematika siswa. Hal ini dilihat dari indikator kemampuan komunikasi: 1) kemampuan memahami ide-ide matematis secara lisan, sebelum tindakan 5 siswa (17,85%), setelah tindakan 24 siswa (89,29%), 2) kemampuan mengungkapkan dan merefleksikan pikirannya melalui tulisan, sebelum tindakan 3 siswa (10,71%), setelah tindakan 19 siswa (67,89%), 3) kemampuan untuk mengungkapkan gagasan melalui simbol, tabel, diagram atau gambar lain untuk lebih memperjelas keadaan dari suatu masalah, sebelum tindakan 4 siswa (14,29%), setelah tindakan 20 siswa (71.43%), 4) kemampuan untuk menjelaskan konsep-konsep matematika sebelum tindakan 3 siswa (10,71%), setelah tindakan 23 siswa (82,14%). Indikator meningkatnya hasil belajar bertambahnya jumlah siswa yang nilainya di atas KKM ≥ 70 yaitu: 1) Siswa yang mendapatkan nilai di atas KKM sebelum tindakan 8 siswa (28,57%), setelah tindakan 23 siswa (82,14%). Berdasarkan uraian di atas dapat disimpulkan bahwa penerapan strategi pembelajaran aktif tipe Active Knowledge Sharing dapat meningkatkan komunikasi dan hasil belajar matematika siswa.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Active Knowledge Sharing; Komunikasi; Hasil Belajar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Users 10 not found.
Date Deposited: 22 Jul 2013 10:14
Last Modified: 02 Nov 2021 22:16
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/24987

Actions (login required)

View Item View Item