Widyaningrum, Listiyana and , Dr. Sumardi, M.Si (2013) Peningkatan Komunikasi Dan Hasil Belajar Matematika Siswa Melalui Strategi Pembelajaran Aktif Tipe Aktive Knowledge Sharing Pada Pokok Bahasan Kubus Dan Balok (PTK bagi Siswa Kelas VIIIA SMP Al-Islam 1 Surakarta Tahun Ajaran 2012/2013). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf Download (750kB) |
|
|
PDF (Bab I)
BAB_I_.pdf Download (206kB) |
|
PDF (Bab II)
BAB_II_.pdf Restricted to Repository staff only Download (384kB) |
||
PDF (Bab III)
BAB_III_.pdf Restricted to Repository staff only Download (333kB) |
||
PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (338kB) |
||
PDF (Bab V)
BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (185kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (257kB) |
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
||
|
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf Download (547kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan, meningkatkan komunikasi dan hasil belajar matematika dengan strategi pembelajaran aktif tipe Active Knowledge Sharing bagi siswa kelas VIIIA SMP Al-Islam 1 Surakarta. Design penelitian, penelitian tindakan kelas (PTK). Subyek penerima tindakan siswa kelas VIIIA berjumlah 28. Teknik pengumpulan data, observasi, catatan lapangan, dokumentasi, dan metode tes. Teknik analisis data yang digunakan yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan kemampuan komunikasi dan hasil belajar matematika siswa. Hal ini dilihat dari indikator kemampuan komunikasi: 1) kemampuan memahami ide-ide matematis secara lisan, sebelum tindakan 5 siswa (17,85%), setelah tindakan 24 siswa (89,29%), 2) kemampuan mengungkapkan dan merefleksikan pikirannya melalui tulisan, sebelum tindakan 3 siswa (10,71%), setelah tindakan 19 siswa (67,89%), 3) kemampuan untuk mengungkapkan gagasan melalui simbol, tabel, diagram atau gambar lain untuk lebih memperjelas keadaan dari suatu masalah, sebelum tindakan 4 siswa (14,29%), setelah tindakan 20 siswa (71.43%), 4) kemampuan untuk menjelaskan konsep-konsep matematika sebelum tindakan 3 siswa (10,71%), setelah tindakan 23 siswa (82,14%). Indikator meningkatnya hasil belajar bertambahnya jumlah siswa yang nilainya di atas KKM ≥ 70 yaitu: 1) Siswa yang mendapatkan nilai di atas KKM sebelum tindakan 8 siswa (28,57%), setelah tindakan 23 siswa (82,14%). Berdasarkan uraian di atas dapat disimpulkan bahwa penerapan strategi pembelajaran aktif tipe Active Knowledge Sharing dapat meningkatkan komunikasi dan hasil belajar matematika siswa.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Active Knowledge Sharing; Komunikasi; Hasil Belajar |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Users 10 not found. |
Date Deposited: | 22 Jul 2013 10:14 |
Last Modified: | 02 Nov 2021 22:16 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/24987 |
Actions (login required)
View Item |