Perilaku Belajar Matematika Siswa Sekolah Menengah Pertama Luar Biasa Tunagrahita Mampu Didik Bagaskara Sragen Tahun Ajaran 2012/2013

Iriandany, Indah Dwi and , Drs. Slamet HW, M.Pd. (2013) Perilaku Belajar Matematika Siswa Sekolah Menengah Pertama Luar Biasa Tunagrahita Mampu Didik Bagaskara Sragen Tahun Ajaran 2012/2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (362kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (25kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (55kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (49kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (14kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (12kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (9MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (92kB)

Abstract

Tujuan umum dari penelitian ini untuk memaparkan perilaku belajar matematika siswa Sekolah Luar Biasa Tunagrahita Mampu Didik Bagaskara Sragen. Tujuan khusus (1) Mendiskripsikan dinamika aktivitas belajar matematika siswa Sekolah Luar Biasa Tunagrahita Mampu Didik Bagaskara Sragen. (2) Mendiskripsikan antusias belajar matematika siswa Sekolah Luar Biasa Tunagrahita Mampu Didik Bagaskara Sragen. Jenis penelitian kualitatif dengan studi kasus. Informan adalah kepala sekolah, guru dan siswa SLB Bagaskara Sragen. Metode pengumpulan data melalui metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan secara interaktif. Keabsahan data digunakan teknik triangulasi. Hasil penelitian (1) Dinamika aktivitas belajar matematika siswa SLB dapat menunjang keberhasilan siswa dalam pembelajaran matematika yang ditinjau dari kemampuan kognisi, afeksi, dan psikomotor siswa. Belajar sendiri dan belajar kelompok adalah pilihan bagi siswa SLB. Sekolah memfasilitasi belajar mereka, seperti perpustakaan, laboratorium komputer dan hostpot area. (2) Antusias belajar matematika siswa SLB cukup baik. Di Sekolah Luar Biasa Bagaskara Sragen ini siswa berperan aktif dalam proses pembelajaran. Interaksi yang terjadi antara siswa dengan siswa maupun siswa dengan guru berjalan dengan baik, rasa kebersamaan, kekeluargaan dan kerjasama sudah dimiliki setiap siswa dan guru di sekolah ini. Guru disini selalu melibatkan siswanya saat proses pembelajaran, sedangkan dalam menjelaskan materi menggunakan alat peraga dan juga dikaitkan dalam kehidupan sehari-hari.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Sekolah Luar Biasa, perilaku belajar, dinamika aktivitas, antusias
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Users 10 not found.
Date Deposited: 22 Jul 2013 08:33
Last Modified: 02 Nov 2021 22:12
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/24980

Actions (login required)

View Item View Item