Peningkatan Kemampuan Koneksi Matematik Siswa Melalui Model Pembelajaran Somatic, Auditory, Visual, Intellectuality (SAVI) (PTK Pembelajaran Matematika dikelas VIII H SMP Al-Islam 1 Surakarta Tahun Ajaran 2012/2013)

Wibowo, Yanto and , Rita Pramujiyanti Khotimah,S.Si, M.Sc (2013) Peningkatan Kemampuan Koneksi Matematik Siswa Melalui Model Pembelajaran Somatic, Auditory, Visual, Intellectuality (SAVI) (PTK Pembelajaran Matematika dikelas VIII H SMP Al-Islam 1 Surakarta Tahun Ajaran 2012/2013). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
Halaman_Depan.pdf

Download (444kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (146kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (187kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (246kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (200kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (90kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
Daftar_Pustaka.pdf

Download (91kB)
[img] PDF (Lampiran)
lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
Artikel_Publikasi.pdf

Download (391kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan koneksi matematik siswa kelas VIII H SMP Al-Islam 1 Surakarta melalui model pembelajaran Somatic, Auditory, Visual, Intellectuality (SAVI). Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) dengan subjek penelitian yaitu seluruh siswa kelas VIII H SMP Al-Islam 1 Surakarta tahun ajaran 2012/2013 yang berjumlah 26 siswa. Metode pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, catatan lapangan, dokumentasi dan tes. Teknik analisis data dalam penelitian ini meliputi reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan kemampuan koneksi matematik yang dapat dilihat dari meningkatnya indikator kemampuan koneksi matematik yang meliputi: 1) Menuliskan masalah kehidupan sehari ke dalam bentuk model matematika, meliputi sebelum pemberian tindakan terdapat 5 siswa (20,83%) dan setelah pemberian tindakan terdapat 20 siswa (90,91%), 2) Menuliskan konsep matematika yang mendasari jawaban, meliputi sebelum pemberian tindakan terdapat 6 siswa (25%) dan setelah pemberian tindakan terdapat 21 siswa (95,45%), 3) Menuliskan hubungan antar objek dan konsep matematika, meliputi sebelum pemberian tindakan terdapat 2 siswa (8,3%) dan setelah pemberian tindakan terdapat 18 siswa (81,82%). Dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran SAVI dapat meningkatkan kemampuan koneksi matematik siswa.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Koneksi Matematik, Model Pembelajaran SAVI
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Users 10 not found.
Date Deposited: 22 Jul 2013 08:10
Last Modified: 02 Nov 2021 22:11
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/24978

Actions (login required)

View Item View Item