Peningkatan Motivasi Belajar Matematika Tentang Pecahan Melalui Pendekatan Every One Is A Teacher Here Pada Siswa Kelas V SD Negeri 03 Kuto Kecamatan Kerjo Tahun Pelajaran 2012/2013

Hidayati, Nur and , Dra. Sri Arfiah, SH, M.Pd (2013) Peningkatan Motivasi Belajar Matematika Tentang Pecahan Melalui Pendekatan Every One Is A Teacher Here Pada Siswa Kelas V SD Negeri 03 Kuto Kecamatan Kerjo Tahun Pelajaran 2012/2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
JURNAL.pdf

Download (228kB)
[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (209kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (15kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (58kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (20kB)
[img]
Preview
PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf

Download (60kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (8kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (6kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (664kB)

Abstract

Tujuan penelitian untuk meningkatkan motivasi belajar siswa pada pembelajaran matematika tenang pecahan melalui penerapan pendekatan every one is a teacher here pada siswa kelas V SD Negeri 03 Kuto. Penelitian ini termasuk jenis Penelitian Tindakan Kelas menggunakan model siklus. Tiap siklus terdiri dari empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Subyek penelitian adalah siswa kelas kelas V SD Negeri 03 Kuto kabupaten Karanganyar dengan jumlah siswa 20 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, dan dokumen. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis komparatif yakni digunakan untuk membandingkan hasil penelitian dari hasil pra siklus, siklus I dan siklus II. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa melalui penerapan pendekatan pendekatan everyone is a teacher here dapat meningkatkan motivasi belajar siswa. Indikator peningkatan motivasi belajar dapat dilihat dari: (1)Anak mengerjakan tugas benar dari 14 siswa atau 70% meningkat menjadi 17 siswa atau 85%; (2)Siswa kooperatif dengan siswa dan guru semula 15 siswa atau 75% menjadi 16 siswa atau 80%; (3) Antusias menjawab dan bertanya dari 15 atau 75% meningkat menjadi 18 anak 90%; (4) Siswa yang mengutarakan pendapat dari 15 siswa atau 75% meningkat menjadi 17 siswa atau 85%.Penelitian Tindakan Kelas ini dari dua siklus yang diterapkan dapat menjawab hipotesis tindakan yang dirumuskan yakni:” Pendekatan everyone is a teacher here dapat meningkatkan motivasi belajar siswa kelas V SD Negeri 03 Kuto Tahun Pelajaran 2012/2013”, dapat terjawab.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: every one is a teacher here, motivasi belajar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 20 Jul 2013 08:11
Last Modified: 25 Oct 2021 04:30
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/24964

Actions (login required)

View Item View Item