Upaya Meningkatkan Kemandirian Anak Melalui Gerakan Tari Pada Kelompok B Taman Kanak-Kanak Kemiri 02 Kebakkramat Karanganyar Tahun Pelajaran 2012/2013

Setyowati, Lilis and , Drs. Ahmad Fathoni, M.Pd (2013) Upaya Meningkatkan Kemandirian Anak Melalui Gerakan Tari Pada Kelompok B Taman Kanak-Kanak Kemiri 02 Kebakkramat Karanganyar Tahun Pelajaran 2012/2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (37kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (80kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (108kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (191kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (19kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (38kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (24MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (2MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatan kemandirian anak melalui gerakan tari pada Taman Kanak-Kanak Kemiri 02 Kebakkramat Karanganyar Tahun Pelajaran 2012/2013. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan (action ressearch) dengan bentuk penelitian PTK. Subjek penelitian adalah seluruh anak kelompok B Taman Kanak-Kanak Kemiri 02 Kebakkramat Karanganyar tahun pelajaran 2012/2013 yang berjumlah 20 siswa. Metode pengumpulan data yang dipergunakan adalah observasi partisipan, dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data menggunakan model induktif interaktif, komponen pokok analisis induksi interaktif yaitu reduksi data, sajian data dan penarikan kesimpulan aktivitasnya dilakukan dalam bentuk interaktif dengan proses pengumpulan data sebagai suatu siklus. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan dapat diketahui bahwa kemandirian anak Taman Kanak-kanak Kemiri 02 Karanganyar padapra siklus yang dinyatakan tuntas ada 6 anak dari 20 anak (30 %), sedangkan yang belum tuntas ada 14 anak dari 20 anak (70 %). Pada siklus I dinyatakan tuntas ada 9 anak dari 20 anak (45 %), sedangkan yang belum tuntas ada 11 anak dari 20 anak (55 %). Kemandirian anak Taman Kanak-kanak Kemiri 02 Karanganyar pada siklus II dinyatakan tuntas ada 19 anak dari 20 anak (95 %), sedangkan yang belum tuntas ada 1 anak dari 20 anak (5 %). Berdasarkan keterangan di atas maka dapat dibuat suatu kesimpulan sebagai berikut: Melalui pembelajaran dengan gerakan menari dapat meningkatkan kemandirian anak Taman Kanak-kanak Kemiri 02 Kebakkramat Karanganyar tahun pelajaran 2012/2013.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Mengembangkan, Kemandirian , gerakan menari
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 20 Jul 2013 07:29
Last Modified: 29 Oct 2021 22:45
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/24961

Actions (login required)

View Item View Item