Sukidi, Sukidi and , Dra. Risminawati, M.Pd (2013) Peningkatan Motivasi Belajar Matematika Melalui Pendekatan Kontekstual Pada Siswa Kelas IV SD Negeri 04 Plumbon Tawangmangu Kabupaten Karanganyar Tahun Pelajaran 2012/2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Naskah Publikasi)
09_JURNAL_PUBLIKASI.pdf Download (349kB) |
|
|
PDF (Halaman Depan)
01_HALAMAN_DEPAN.pdf Download (521kB) |
|
|
PDF (Bab I)
02_BAB_I.pdf Download (20kB) |
|
PDF (Bab II)
03_BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (71kB) |
||
PDF (Bab III)
04_BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (47kB) |
||
PDF (Bab IV)
05_BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (323kB) |
||
PDF (Bab V)
06_BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (24kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
07_DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (6kB) |
|
PDF (Lampiran)
08_LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah meningkatkan motivasi dan hasil belajar Matematika melalui Pendekatan Kontekstual pada siswa kelas IV SDN 04 Plumbon Tawangmangu Kabupaten Kranganyar Tahun Pelajaran 2012/2013. Penelitian ini merupakan jenis penelitian tindakan kelass (PTK). Subjek dalam penelitian ini adalah guru dan siswa kelas IV SD Negeri 04 Plumbon Tawangmangu, Karanganyar tahun pelajaran 2012/2013 sebanyak 18 siswa yang terdiri dari siswa laki-laki 8 dan siswa perempuan 10 anak. Teknik pengumpulan data dengan wawancara, observasi, dokumentasi dan tes. Validitas data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi metode. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis kualitatif yang meliputi tahap reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan motivasi belajar siswa dalam pembelajaran matematika yang terlihat dalam 7 indikator, yaitu indikator antusias meningkat pada pra siklus 38,88% pada siklus I 72% menjadi 89% di siklus II, indikator mendengarkan dengan baik penjelasan guru pra siklus 38,88% meningkat 56% pada siklus I menjadi 78% pada siklus II, indikator bertanya dari 5,55% menjadi 16% pada siklus I meningkat menjadi 78% pada siklus II, indikator menjawab pertanyaan guru dan siswa lain pada pra siklus 16,66% siklus I 44% meningkat menjadi 89% pada siklus II, indikator mengerjakan soal pada pra siklus 16,66% pada siklus I 39% meningkat menjadi 83% pada siklus II, indikator kerjasama pada pra siklus 5,55% pada siklus I 33% meningkat menjadi 89% pada siklus II, dan untuk indikator memberikan tanggapan juga mengalami peningkatan pada pra siklus 11,11%, siklus I 28% meningkat menjadi 89% pada siklus II. Selain peningkatan indikator motivasi, hasil belajar siswa juga mengalami peningkatan yaitu tingkat ketuntasan belajar pra siklus hanya mencapai 56% atau 10 siswa, kemudian pada siklus I mencapai 11 siswa atau 61% dan meningkat pada siklus II mencapai 15 siswa atau 83% Kesimpulan dari hasil penelitian ini adalah : Penerapan model pendekatan kontekstual dapat meningkatkan motivasidan hasil belajar matematika pada siswa kelas IV SD Negeri 04 Plumbon Tawangmangu Tahun Pelajaran 2012/2013.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | motivasi belajar, pendekatan kontekstual |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Ari Fatmawati |
Date Deposited: | 20 Jul 2013 06:58 |
Last Modified: | 25 Oct 2021 04:29 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/24960 |
Actions (login required)
View Item |