Yuliati, Sri and , Dr. Samino, M.M. (2013) Peningkatan Hasil Belajar Ips Melalui Metode Guided Note Taking (Catatan Terbimbing) Pada Siswa Kelas V SDN 01 Gayamdompo Karanganyar Tahun Pelajaran 2012/2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf Download (156kB) |
|
|
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf Download (681kB) |
|
|
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf Download (42kB) |
|
PDF (Bab II)
BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (266kB) |
||
PDF (Bab III)
BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (197kB) |
||
PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (150kB) |
||
PDF (Bab V)
BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (51kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (33kB) |
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (794kB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar IPS melalui metode Guided Note Taking (catatan terbimbing) pada siswa kelas V SDN 01 Gayamdompo Karanganyar Karanganyar Tahun Ajaran 2012/2013. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek dari Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini adalah guru dan siswa Kelas V SDN 01 Gayamdompo Kecamatan Karanganyar tahun ajaran 2012/2013. Objek dari penelitian ini adalah pembelajaran IPS dengan metode Guided Note Taking (catatan terbimbing). Adapun guru kelas V adalah Rachmi Yuliyanti, S.Pd, sedangkan siswa yang diteliti adalah siswa Kelas V yang berjumlah 30 siswa, putra 13 dan putri 17. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini dengan menggunakan metode observasi, tes, dokumentasi, wawancara. Teknik analisis data dalam penelitian ini meliputi: pengumpulan data, reduksi data, sajian data, penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa. Hasil belajar siswa yang berkaitan dengan ketuntasan belajar dalam mencapai kriteria ketuntasan minimal sebesar ≥ 70 dalam proses pembelajaran IPS melalui penerapan metode pembelajaran Guided Note Taking (catatan terbimbing) yaitu, hasil belajar siswa sebelum dilaksanakan tindakan sebesar 43% atau sebanyak 13 siswa, siklus I sebesar 60% atau 18 siswa dan pada pelaksanaan siklus II sebesar 87% atau sebanyak 26 siswa. Berdasarkan hasil perolehan tersebut hasil belajar siswa mengalami peningkatan yang signifikan dari sebelum pelaksanaan tindakan sampai pelaksanaan siklus II sebesar 43% atau sebanyak 13 siswa. Kesimpulan yang diperoleh dalam penelitian ini adalah sebagai berikut: metode pembelajaran Guided Note Taking (catatan terbimbing) dapat meningkatkan hasil belajar IPS pada siswa kelas V SDN 01 Gayamdompo Tahun Ajaran 2012/2013.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Guided, Note, Taking (catatan, terbimbing), hasil, belajar |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Ari Fatmawati |
Date Deposited: | 20 Jul 2013 06:46 |
Last Modified: | 25 Oct 2021 04:28 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/24959 |
Actions (login required)
View Item |