Maharani, Dita Ayu Tria and , Drs. Sumanto (2013) Penerapan Metode Pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) Dengan Media Teka-Teki Silang (TTS) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Ipa Biologi Materi Ekosistem Pada Siswa Kelas VII B SMP Al Islam Ngemplak Boyolali Tahun Ajaran 2012/2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
03._HALAMAN_DEPAN.pdf Download (1MB) |
|
|
PDF (Bab I)
04._BAB_I.pdf Download (32kB) |
|
PDF (Bab II)
05._BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (71kB) |
||
PDF (Bab III)
06._BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (37kB) |
||
PDF (Bab IV)
07._BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (203kB) |
||
PDF (Bab V)
08._BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (9kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
09._DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (12kB) |
|
PDF (Lampiran)
10._LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (6MB) |
||
|
PDF (Naskah Publikasi)
02._NASKAH_PUBLIKASI.pdf Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar Biologi pada materi ekosistem dengan penerapan metode pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) dengan menggunakan media Teka-Teki Silang (TTS) pada siswa kelas VII B SMP AL ISLAM Ngemplak Boyolali tahun ajaran 2012/2013. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan menggunakan analisis data kualitatif yaitu dengan cara menganalisis data perkembangan siswa dari siklus I sampai dengan siklus II. Sumber data dalam penelitian ini diperoleh dari hasil belajar (aspek kognitif) mata pelajaran Biologi, dan pengamatan sikap siswa selama proses pembelajaran Biologi berlangsung (aspek afektif). Penelitian ini diawali dengan mengeksplor kemampuan siswa dengan menerapkan metode TGT dengan menggunakan media TTS dilanjutkan dengan diskusi dan diakhiri dengan kesimpulan dan post test pada setiap siklusnya. Hasil penelitian yang diperoleh menunjukkan bahwa rata-rata hasil belajar pada siklus I ranah kognitif = 70,38 dengan nilai tertinggi 90 dan terendah 40 dengan ketuntasan 46,2%; ranah afektif = 67,30%, sebelum diadakan tindakan rata-rata nilai kognitif = 63,07 dengan nilai tertinggi 80 dan terendah 40. Rata-rata hasil belajar pada siklus II ranah kognitif = 78,46 deangan nilai tertinggi 95 dan terendah 45 dengan ketuntasan 92,30%, ranah afektif= 93,26%. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan metode TGT dengan menggunakan media TTS dapat meningkatkan hasil belajar Biologi siswa kelas VII B SMP AL ISLAM Ngemplak Boyolali tahun ajaran 2012/2013.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Hasil Belajar, Penerapan Metode Teams Games Tornament, media Teka-Teki Silang |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Users 10 not found. |
Date Deposited: | 19 Jul 2013 12:01 |
Last Modified: | 26 Oct 2021 15:02 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/24957 |
Actions (login required)
View Item |