Realisasi Kesantunan Berbahasa Antara Santri Dengan Ustad Dalam Kegiatan Taman Pendidikan Alquran Alazhar Puluhan Jatinom Klaten

Maslahah, Titah and , Prof. Dr. Abdul Ngalim, M.M, M.Hum (2013) Realisasi Kesantunan Berbahasa Antara Santri Dengan Ustad Dalam Kegiatan Taman Pendidikan Alquran Alazhar Puluhan Jatinom Klaten. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
03_HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (304kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
04_BAB_I.pdf

Download (18kB)
[img] PDF (Bab II)
05_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (34kB)
[img] PDF (Bab III)
06_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (16kB)
[img] PDF (Bab IV)
07_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (114kB)
[img] PDF (Bab V)
08_BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (14kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
09_DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (9kB)
[img] PDF (Lampiran)
10_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (929kB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
02_NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (215kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah Mendeskripsikan bentuk kesantunan berbahasa antara santri dengan ustad dalam kegiatan Taman Pendidikan Alquran Alazhar Puluhan, Jatinom, Klaten dan Merumuskan skala kesantunan dalam berbahasa antara santri dengan ustad dalam kegiatan Taman Pendidikan Alquran Alazhar Puluhan, Jatinom, Klaten. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Pengumpulan data menggunakan teknik simak bebas libat cakap. Teknik analisis data yang digunakan adalah padan pragmatik . Hasil yang diperoleh pada penelitian ini dapat disimpulkan bahwa, dalam penelitian terdapat 4 bentuk kesantunan. (1) Kesantunan dalam memohon. Kesantunan dalam memohon dibagi menjadi, (a) kesantunan memohon, dan (b) kesantunan meminta. (2) Kesantunan dalam mengajak. Kesantunan dalam mengajak dibagi menjadi, (a) kesantunan mengajak, dan (b) kesantunan membujuk, (c) kesantunan mendesak. (3) kesantunan dalam menyilakan. (4) kesantunan dalam menolak. Mengukur peringkat skala kesantunan dalam penelitian ini mengacu pada tiga tipe yaitu, (1) Tipe tuturan dengan rumusan pernyataan permintaan, (2) tipe tuturan dengan rumusan pernyataan keinginan, (3) tipe tuturan dengan rumusan pernyataan keharusan. Ketiga tipe tersebut dapat dijadikan alat untuk mengukur peringkat skala kesantunan. Data pada penelitian ini terdapat 26 data, setelah diklasifikasikan (1) Tipe tuturan dengan rumusan pernyataan permintaan ditemukan 15 tuturan, dalam bentuk angka prosentase terdapat 57,70%, (2) tipe tuturan dengan rumusan pernyataan keinginan ditemukan 7 tuturan, dalam bentuk angka prosentase terdapat 26,92%, (3) tipe tuturan dengan rumusan pernyataan keharusan ditemukan 4 tuturan, dalam bentuk angka prosentase terdapat 15, 38%. Peringkat terbanyak pada penelitian ini diduduki oleh Tipe tuturan dengan rumusan pernyataan permintaan ditemukan 15 tuturan, dalam bentuk angka prosentase terdapat 57,70%, maka dapat dikatakan bahwa santri banyak bertutur kepada ustad pada saat mempunyai permintaan.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: kesantunan berbahasa, tuturan, santri
Subjects: P Language and Literature > P Philology. Linguistics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa, Sastra Indonesia dan Daerah
Depositing User: Users 10 not found.
Date Deposited: 19 Jul 2013 07:27
Last Modified: 02 Nov 2021 02:35
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/24944

Actions (login required)

View Item View Item