Widiyastuti, Ari and , Drs.Budi Sutrisno, M.Pd. and , Dr.Sabar Narimo, M.M., M.Pd. (2013) Peningkatan Keaktifan Belajar Siswa Melalui Model Pembelajaran Cooperative Script Agar Prestasi Meningkat Pada Mata Pelajaran Kewirausahaan Kelas X PEKSOS 2 SMK Negeri 7 Surakarta Tahun 2012/2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Naskah Publikasi)
02._NASKAH_PUBLIKASI.pdf Download (224kB) |
|
|
PDF (Halaman Depan)
03._HALAMAN_DEPAN.pdf Download (884kB) |
|
|
PDF (Bab I)
04._BAB_I.pdf Download (37kB) |
|
PDF (Bab II)
05._BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (63kB) |
||
PDF (Bab III)
06._BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (101kB) |
||
PDF (Bab IV)
07._BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (718kB) |
||
PDF (Bab V)
08._BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (20kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
09._DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (12kB) |
|
PDF (Lampiran)
10._LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
Abstract
Tujuan Penelitian Tindakan Kelas ini adalah untuk meningkatkan keaktifan belajar siswa melalui model pembelajaran cooperative script sehingga prestasi meningkat pada mata pelajaran kewirausahaan kelas X PekSos 2 SMK Negeri 7 Surakarta tahun pelajaran 2012 / 2013. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang terdiri dari perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, refleksi, dan evaluasi dengan menggunakan model pembelajaran cooperative script yang dilaksanakan dalam dua siklus yang bertujuan untuk memperoleh data peningkatan keaktifan belajar siswa agar prestasi belajar meningkat. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, dokumentasi, angket. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan model interaktif yang terdiri 3 kegiatan yaitu reduksi data, analisis data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran cooperative script dapat meningkatkan keaktifan belajar siswa sehingga prestasi siswa meningkat, yang dapat dilihat dari meningkatnya indikator keaktifan belajar yang meliputi: 1). Siswa memberi tanggapan sebelum siklus 15,79% akhir siklus menjadi 65,79%. 2). Siswa bertanya sebelum siklus 10,53% akhir siklus menjadi 52,63%. 3). Siswa menjawab pertanyaan sebelum siklus 23,68% akhir siklus menjadi 92,11%. 4). Perhatian siswa terhadap penjelasan guru sebelum siklus 52,63% akhir siklus menjadi 84,21%. 5). Kemampuan siswa mengemukakan pendapat sebelum siklus 13,16% akhir siklus menjadi 52,63%. 6). Kerjasama dalam kelompok sebelum siklus 63,16% akhir siklus menjadi 92,11%. 7). Siswa mendengarkan dengan baik ketika teman berpendapat sebelum siklus 44,47% akhir siklus menjadi 78,95%. Meningkatnya indikator keaktifan belajar tersebut juga berdampak pada prestasi belajar siswa dari sebelum siklus hanya 13% meningkat menjadi 89% diakhir siklus.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Keaktifan Siswa, Cooperative Script, Prestasi Belajar |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Akuntansi |
Depositing User: | Users 10 not found. |
Date Deposited: | 18 Jul 2013 10:38 |
Last Modified: | 29 Oct 2021 09:21 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/24931 |
Actions (login required)
View Item |