Upaya Meningkatkan Kemampuan Mengenal Bentukbentuk Geometri Melalui Permainan Kotak Pos Pada Anak Kelompok B Di TK Aisyiyah Troketon III Pedan Tahun Pelajaran 2012/2013

Mujiningsih, Tri and , . Drs. Hasto Daryanto. M.Pd (2013) Upaya Meningkatkan Kemampuan Mengenal Bentukbentuk Geometri Melalui Permainan Kotak Pos Pada Anak Kelompok B Di TK Aisyiyah Troketon III Pedan Tahun Pelajaran 2012/2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
COVER_INTISARI.pdf

Download (141kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_1.pdf

Download (58kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (130kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (82kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (177kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (47kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (40kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (959kB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (118kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan mengenal bentuk-bentuk geometri melalui permainan kotak pos pada anak kelompok B di TK Aisyiyah Troketon III Pedan Tahun Pelajaran 2012/ 2013. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Subyek penelitian tindakan ini adalah anak kelompok B di TK Aisyiyah Troketon III yang berjumlah 10 anak yang terdiri dari 6 anak laki-laki dan 4 anak perempuan. Penelitian ini bersifat kolaboratif antara peneliti, guru kelas dan kepala sekolah. Data dikumpulkan melalui metode observasi dan catatan lapangan. Analisis data dilaksanakan berdasarkan hasil observasi kegiatan pembelajaran maupun dari hasil tindakan yang telah dilakukan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa keberhasilan kemampuan mengenal bentuk-bentuk geometri melalui permainan kotak pos pada anak kelompok B di TK Aisyiyah Troketon III, sebelum tindakan 36,24%, pada siklus I meningkat menjadi 51,25 % , pada siklus II 62,81 % dan pada siklus III mencapai 84,68 %. Hasil penelitian ini sudah memenuhi indikator pencapaian. Hal ini membuktikan bahwa model pembelajaran mengenal bentuk-bentuk geometri melalui kotak pos dapat dikatakan efektif dan berhasil dalam meningkatkan kemampuan mengenal bentuk-bentuk geometri anak kelompok B di TK Aisyiyah Troketon III. Kesimpulan dari penelitian ini adalah Permainan kotak pos dapat meningkatkan kemampuan mengenal bentuk-bentuk geometri anak.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Bentuk Geometri, Permainan Kotak Pos
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Users 10 not found.
Date Deposited: 18 Jul 2013 08:47
Last Modified: 25 Oct 2021 02:56
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/24919

Actions (login required)

View Item View Item