Sukatirah, Sukatirah and , Dra. Sri Gunarsi, SH.MH. (2013) Upaya Meningkatkan Kemampuan Membaca Kata Melalui Media Gambar Pada Anak Kelompok B TK Kristen Kridawita Klaten Tahun Pelajaran 2012/2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
COVER.pdf Download (312kB) |
|
|
PDF (Bab I)
BAB_1.pdf Download (24kB) |
|
PDF (Bab II)
BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (60kB) |
||
PDF (Bab III)
BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (63kB) |
||
PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (307kB) |
||
PDF (Bab V)
BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (19kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (19kB) |
|
PDF (Lampiran)
Lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (327kB) |
||
|
PDF (Naskah Publikasi)
PUBLIKASI.pdf Download (146kB) |
Abstract
Tujuan penelitian: (1) untuk mengetahui peningkatan kemampuan membaca kata anak Kelompok B TK Kridawita Klaten tahun pelajaran 2012/2013 melalui penggunaan media gambar, (2) untuk mengetahui efektivitas penggunaan media gambar dalam meningkatkan kemampuan membaca kata anak Kelompok B TK Kristen Kridawita, Klaten tahun pelajaran 2012/2013. Subjek penelitian adalah guru/peneliti, kolaborator, dan semua anak kelompok B TK Kristen Kridawita Klaten tahun pelajaran 2012/2013 yang berjumlah 22 anak. Teknik pengumpulan data adalah observasi, tes tertulis dan wawancara. Sumber data adalah (1) guru yang menerapkan pembelajaran menggunakan media gambar dalam pembelajaran dan (2) anak kelompok B TK Kristen Kridawita Klaten tahun pelajaran 2012/2013 yang berjumlah 22 anak, dengan rincian 10 laki-laki dan 12 perempuan. Teknik analisis data menggunakan. Analisis dilakukan beberapa tahap sebagai berikut: (1) Menjumlahkan skor yang dicapai anak pada setiap butir amatan hingga delapan indikator yang telah direncanakan, (2) Membuat tabulasi skor observasi peningkatan kemampuan membaca kata anak melalui menggambar bebas dari nomor, nama anak, butir anmatan, jumlah skor, (3) Menghitung Nilai menggunakan prosentase, dan (4) Membandingkan hasil prosentase pencapaian pada setiap anak dengan prosentase keberhasilan pada setiap siklusnya. Hasil penelitian berupa kesimpulan bahwa (1) penggunaan media gambar dapat meningkatkan kemampuan membaca kata anak Kelompok B TK Kristen Kridawita, Klaten tahun pelajaran 2012/2013. Ini terbukti dari adanya kenaikan hasil tes tertulis dari rata-rata 69,3 pada kondisi awal menjadi 80,5 pada siklus I dan menjadi 93,4 pada siklus II, dan (2) Penggunaan media gambar dalam meningkatkan kemampuan membaca kata anak membuat pembelajaran menjadi lebih efektif bagi anak Kelompok B TK Kristen Kridawita, Klaten tahun pelajaran 2012/2013.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kemampuan Membaca Kata, Media Gambar, Anak Kelompok B Taman Kanak-Kanak |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Anak Usia Dini |
Depositing User: | Ari Fatmawati |
Date Deposited: | 18 Jul 2013 08:12 |
Last Modified: | 29 Oct 2021 22:04 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/24912 |
Actions (login required)
View Item |