Upaya Meningkatkan Kemampuan Bahasa Melalui Metode Bermain Peran Pada Anak Kelompok B TK Pertiwi Banaran, Delanggu, Klaten Tahun Ajaran 2012/2013

Sukasmi, Sri and , Dra. Sri Gunarsi, SH.MH. (2013) Upaya Meningkatkan Kemampuan Bahasa Melalui Metode Bermain Peran Pada Anak Kelompok B TK Pertiwi Banaran, Delanggu, Klaten Tahun Ajaran 2012/2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (849kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (314kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (421kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (8MB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (511kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (10MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (7MB)

Abstract

Pembelajaran dengan metode bermian peran ternyata hanya menghasilkan 42% anak yang mampu berbahasa dengan baik. Padahal harapan guru adalah 80% dari jumlah anak yang mampu melaksanakan pembelajaran berbahasa dengan baik. Tujuan penelitian tindakan kelas ini adalah untuk meningkatlcan kemampuan bahasa anak melalui metode bermian peran pada anak 'I'K Pettiwi Banaran, Delanggu, Kabupaten Klaten tahun ajaran 2012/2013. Penelitian tindakan kelas ini menggunakan setting TK Pertiwi Banaran, Delanggu, Klaten. Data tentang prilaku guru, perilaku siswa, dan situasi kelas dikumpulkan dengan menggunakan metode observasi, sedangkan data tentang kemampuan bahasa dikumpulkan dengan metode penugasan. Analisis data dengan tehnik analisis kritis untuk poses dan tehnik analisis komparatif untuk kemampuam berbahasa dikumpulkan dengan metode bermain peran. Kesimpulan hasil penelitian ini adalah bahwa penggunaan metode bermain peran dapat meningkatkan kemampuan bahasa pada anak di TK Pertiwi Banaran, Delanggu, Klaten. Adapun langkah langkah penggunaan metode berrnain peran yang berhasil sebagai berikut: (a) menyiapkan media sebelum anak memasuki ruangan, (b) menjelaskan terlebih dahulu kegiatan yang akan dilakukan, (c) menjelaskan media yang akan digunakan, (d) mengkondisikan suasa yang menyenangkan dan memberi variasi kegiatan yang penunjang, (e) bermain peran yang ditunjukkan oleh guru, (f) menugaskan anak secara individu dengan lembar kerja anak, (g) memberi motivasi anak yang belum mampu.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: kemampuan bahasa rnetode bermain peran
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 18 Jul 2013 07:58
Last Modified: 29 Oct 2021 21:58
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/24911

Actions (login required)

View Item View Item