Upaya Pengembangan Kemampuan Berhitung Melalui Permainan Tradisional Dakon Kelompok B Di TK Aisyiyah Kaliwuluh Kebakkramat Karanganyar Tahun Ajaran 2012/2013

Sularsih, Tri and , Aryati Prasetyarini, M.Pd. (2013) Upaya Pengembangan Kemampuan Berhitung Melalui Permainan Tradisional Dakon Kelompok B Di TK Aisyiyah Kaliwuluh Kebakkramat Karanganyar Tahun Ajaran 2012/2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (50kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (89kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (131kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (189kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (35kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (43kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (8MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
PUBLIKASI_NASKAH.pdf

Download (467kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah tujuan umum adalah untuk mengembangkan kemampuan berhitung pada anak kelompok B di TK Aisyiyah Kaliwuluh, Kebakkramat, Karanganyar Tahun ajaran 2012/2013 dan tujuan khusus adalah untuk mengetahui pengembangan kemampuan berhitung melalui permainan tradisional dakon pada anak kelompok B di TK Aisyiyah Kaliwuluh, Kebakkramat, Karanganyar Tahun ajaran 2012/2013. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan (action ressearch) dengan bentuk penelitian PTK. Subjek penelitian adalah seluruh anak yang berada di Taman Kanak-Kanak Aisyiyah Kaliwuluh Kebakkramat Karanganyar tahun pelajaran 2012/2013yang berjumlah 22 siswa. Metode pengumpulan data yang dipergunakan adalah observasi partisipan, dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data menggunakan model induktif interaktif, komponen pokok analisis induksi interaktif yaitu reduksi data, sajian data dan penarikan kesimpulan aktivitasnya dilakukan dalam bentuk interaktif dengan proses pengumpulan data sebagai suatu siklus. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan dapat diketahui bahwa kemampuan berhitung anak Taman Kanak-kanak Aisyiyah Kaliwuluh Karanganyar pada siklus I dinyatakan tuntas ada 9 anak dari 22 anak (40,9 %), sedangkan yang belum tuntas ada 13 anak dari 22 anak (59,1 %). Kemampuan berhitung anak anak Taman Kanak-kanak Aisyiyah Kaliwuluh Karanganyar pada siklus II dinyatakan tuntas ada 16 anak dari 22 anak (72,7 %), sedangkan yang belum tuntas ada 6 anak dari 22 anak (27,3 %) Kemampuan berhitung pada siklus III yang dinyatakan tuntas ada 22 anak dari 22 anak (100 %), sedangkan yang belum tuntas ada 0 anak dari 22 anak (0 %). Berdasarkan keterangan di atas maka dapat dibuat suatu kesimpulan sebagai berikut: Melalui pembelajaran dengan metode bermain permainan tradisional dakon dapat mengengbangkan kemampuan berhitung anak sejak dini di Taman Kanak-kanak Aisyiyah Kaliwuluh Kebakkramat Karanganyar tahun pelajaran 2012/ 2013.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Mengembangkan, kemampuan berhitung , Permainan Tradisional Dakon
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 18 Jul 2013 06:43
Last Modified: 29 Oct 2021 06:59
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/24900

Actions (login required)

View Item View Item