Ratnawati, Tonny Yulia and , Aryati Prasetyarini, M.Pd (2013) Upaya Penggembangan Kemampuan Berhitung Permulaan Anak Melalui Penggunaan Media Pohon Hitung Kelompok B TK Kaliwuluh 02 Kebakkramat, Karanganyar Tahun Ajaran 2012/2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf Download (1MB) |
|
|
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf Download (46kB) |
|
PDF (Bab II)
BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (114kB) |
||
PDF (Bab III)
BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (122kB) |
||
PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (178kB) |
||
PDF (Bab V)
BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (35kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (34kB) |
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (5MB) |
||
|
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAHPUBLIKASI.pdf Download (563kB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah tujuan umum adalah untuk mengembangkan kemampuan berhitung anak kelompok B di TK Kaliwuluh 02 Kebakkramat, Karanganyar Tahun ajaran 2012/2013 dan tujuan khusus adalah untuk mengetahui pengembangan kemampuan berhitung anak melalui penggunaan media pohon hitung pada anak kelompok B di TK Kaliwuluh 02 Kebakkramat, Karanganyar Tahun ajaran 2012/2013. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan (action ressearch) dengan bentuk penelitian PTK. Subjek penelitian adalah sebagian anak yang berada di Taman Kanak-Kanak 02 Kaliwuluh Kebakkramat Karanganyar tahun pelajaran 2012/2013yang berjumlah 16 siswa. Metode pengumpulan data yang dipergunakan adalah wawancara mendalam observasi partisipan, dokumentasi dan test. Sedangkan teknik analisis data menggunakan model induktif interaktif, komponen pokok analisis induksi interaktif yaitu reduksi data, sajian data dan penarikan kesimpulan aktivitasnya dilakukan dalam bentuk interaktif dengan proses pengumpulan data sebagai suatu siklus. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan dapat diketahui bahwa kemampuan berhitung anak Taman Kanak-kanak 02 Kaliwuluh Karanganyar pada siklus I dinyatakan tuntas ada ada 7 anak dari 16 anak (43,75 %), sedangkan yang belum tuntas ada 9 anak dari 16 anak (56,25 %). Kemampuan berhitung anak anak Taman Kanak-kanak 02 Kaliwuluh Karanganyar pada siklus II dinyatakan tuntas ada 12 anak dari 16 anak (75 %), sedangkan yang belum tuntas ada 4 anak dari 16 anak (25%). Kemampuan berhitung pada siklus III yang dinyatakan tuntas ada 15 anak dari 16 anak (93,75 %), sedangkan yang belum tuntas ada 1 anak dari 16 anak (6,25 %) Berdasarkan keterangan di atas maka dapat dibuat suatu kesimpulan sebagai berikut: Melalui pembelajaran dengan media pohon hitung dapat meningkatkan kemampuan berhitung anak sejak dini di Taman Kanak-kanak 02 Kaliwuluh Kebakkramat Karanganyar tahun pelajaran 2012/ 2013.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Mengembangkan, kemampuan berhitung , Media Pohon Hitung |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Anak Usia Dini |
Depositing User: | Ari Fatmawati |
Date Deposited: | 18 Jul 2013 06:17 |
Last Modified: | 29 Oct 2021 06:58 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/24898 |
Actions (login required)
View Item |