Sularmi, Sularmi and , Aryati Prasetyarini, M.Pd. (2013) Upaya Mengembangkan Kemampuan Berkomunikasi Melalui Bermain Peran Pada Anak Kelompok B2 Taman Kanak-Kanak Aisyiyah Nangsri Kebakkramat Karanganyar Tahun Pelajaran 2012/2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf Download (6MB) |
|
|
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf Download (28kB) |
|
PDF (Bab II)
BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (93kB) |
||
PDF (Bab III)
BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (76kB) |
||
PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (71kB) |
||
PDF (Bab V)
BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (16kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (15kB) |
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (13MB) |
||
|
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf Download (554kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan kemampuan berkomunikasi melalui bermain peran pada anak Kelompok B2 di TK Aisyiyah Nangsri Kebakkramat Karanganyar Tahun Pelajaran 2012/2012. Jenis Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subyek Penelitian ini adalah anak kelompok B2 jumlah 20 anak TK Aisyiyah Nangsri Kebakkramat Karanganyar tahun pelajaran 2012/2013. Penelitian ini bersifat kolaboratif antara peneliti, teman seprofesi, dan kepala sekolah. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, dokumen dan wawancara. Data kemampuan berkomunikasi anak dianalisis dengan teknik komparatif, data proses pembelajaran dianalisis dengan teknik interaktif. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan kemampuan berkomunikasi anak, yaitu sebelum tindakan hasilnya 47,32%, siklus I 61,43% dan siklus II mencapai 82,14 %. Kesimpulan dari penelitian ini adalah bermain peran dapat mengembangkan kemampuan berkomunikasi pada anak kelompok B2 TK Aisyiyah Nangsri Kebakkramat Karanganyar tahun pelajaran 2012/2013. Metode bermain peran bisa dilaksanakan secara maksimal di dalam konteks penelitian ini dengan kondisi semua anak dilibatkan secara aktif di dalam kegiatan bermain peran.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | kemampuan berkomunikasi, bermain peran |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Anak Usia Dini |
Depositing User: | Ari Fatmawati |
Date Deposited: | 18 Jul 2013 06:05 |
Last Modified: | 29 Oct 2021 06:55 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/24893 |
Actions (login required)
View Item |