Farikah, Duwi and , Dr. Darsinah, S.E, M.Si (2013) Pengaruh Model Pembelajaran Kontekstual/CTL (Contextual Teaching And Learning) Terhadap Kecerdasan Naturalis Anak Pada Kelompok B Di TK ABA Tlobong 1 Delanggu Klaten Tahun Ajaran 2012/2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf Download (599kB) |
|
|
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf Download (107kB) |
|
PDF (Bab II)
BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (149kB) |
||
PDF (Bab III)
BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (132kB) |
||
PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (133kB) |
||
PDF (Bab V)
BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (105kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR__PUSTAKA.pdf Download (14kB) |
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
||
|
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf Download (268kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Kontekstual/CTL (Contextual Teaching and Learning) pada kecerdasan naturalis anak di TK ABA Tlobong I Delanggu, Klaten Tahun Ajaran 2012 / 2013. Penelitian ini dilaksanakan 6 kali tindakan selama 2 minggu. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian eksperimen dengan metode penelitian preeksperimental designs, sedangkan desain penelitian one-group pretest-posttest. Subjek penelitian ini adalah anak kelompok B di TK ABA Tlobong I Delanggu, Klaten.Teknik pengumpulan data kecerdasan naturalis adalah observasi. Teknik Analisis data dilakukan dengan uji t. Hasil penelitian menunjukan nilai rata-rata skor observasi terdapat perbedaan sebesar 7,78. Hasil skor observasi awal sebelum diberi tindakan sebesar 15,38 dan observasi akhir setelah dilakukan tindakan sebesar 23,167. Berdasarkan hasil uji t diperoleh nilai thitung = 8,039 ≥ ttabel yaitu 1,740 dengan p = 0,000 (p<0,05) maka HO ditolak yang berarti terdapat pengaruh kontekstual terhadap kecerdasan naturalis anak. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh pembelajaran kontekstual/ CTL (Contextual Teaching and Learning) terhadap kecerdasan naturalis anak di TK ABA Tlobong I Delanggu, Klaten Tahun Ajaran 2012 / 2013.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | pembelajaran kontekstual/ CTL (Contextual Teaching and Learning), kecerdasan naturalis |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Anak Usia Dini |
Depositing User: | Users 10 not found. |
Date Deposited: | 17 Jul 2013 11:36 |
Last Modified: | 25 Oct 2021 02:41 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/24885 |
Actions (login required)
View Item |