Sulistyowati, Sulistyowati and , Dra. Surtikanti, S.H. (2013) Pengembangan Kemampuan Motorik Kasar Melalui Metode Bermain Pantomim Bagi Anak Kelompok A Pada TK Aisyiyah Pulosari 01 Kebakkramat Tahun Pelajaran 2012 / 2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf Download (1MB) |
|
|
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf Download (54kB) |
|
PDF (Bab II)
BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (101kB) |
||
PDF (Bab III)
BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (112kB) |
||
PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (190kB) |
||
PDF (Bab V)
BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (34kB) |
||
|
PDF (Daftra Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (19kB) |
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (4MB) |
||
|
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf Download (533kB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini untuk mengembangkan kemampuan motorik kasar pada anak kelompok A TK Aisyiyah Pulosari01, Kecamatan Kebakkramat, Kabupaten Karanganyar tahun pelajaran 2012/2013 melalui metode bermain pantomim.Penelitian ini dilaksanakan selama 3bulan mulai bulan Maret sampai Mei 2013 dengan menggunakan desain penelitian tindakan kelas yang terdiri atas dua siklus dengan empat kali pertemuan. Masing-masing siklus terdiri dari perencanaan (planning), pelaksanaan tindakan (acting), pengamatan (observing), dan refleksi (reflecting).Subjek penelitian ini adalah anak kelompok A TK Aisyiyah Pulosari 01 tahun pelajaran 2012/2013. Data yang dikumpukan berupa kemampuan motorik kasar anak dan proses penerapan metode bermain pantomim dalam pembelajaran. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, catatan lapangan dan dokumentasi. Data dianalisis dengan metode komparatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi perkembangan kemampuan motorik kasar anak dari Siklus I sampai dengan Siklus II. Rata-rata persentase pencapaian kemampuan motorik kasar anak meningkat berturut-turut dari prasiklus, sikus I hingga siklus II adalah 46,01% di prasiklus, 64,75% di siklus I dan 82,81 di siklus II. Sedang ketuntasan kemampuan motorik kasar anak terus meningkat dari 0% di prasiklus, 12,5% di siklus I, dan 87,5% di siklus II.Dengan demikian didapat kesimpulan daripenelitian ini bahwa jumlah anak yang mencapai persentase pencapaian telah memenuhi indikator pencapaian yaitu apabila sekurangnya 80% anak mampu mencapai persentase pencapaian sebesar 80%.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | metode, bermain pantomim, kemampuan motorik kasar |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Anak Usia Dini |
Depositing User: | Ari Fatmawati |
Date Deposited: | 17 Jul 2013 11:36 |
Last Modified: | 28 Oct 2021 22:46 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/24883 |
Actions (login required)
View Item |