Wahyuni, Irma and , Drs. Hasto Daryanto, M.Pd (2013) Pengaruh Permainan Gerak Dan Lagu Terhadap Kecerdasan Kinestetik Anak TK A Di RA Perwanida 1 Boyolali Tahun Pelajaran 2012/2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf Download (804kB) |
|
|
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf Download (23kB) |
|
PDF (Bab II)
BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (45kB) |
||
PDF (Bab III)
BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (170kB) |
||
PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (210kB) |
||
PDF (Bab V)
BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (27kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (15kB) |
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
||
|
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf Download (413kB) |
Abstract
Penelitian ini dilakukan bertujuan untuk mengetahui pengaruh permainan gerak dan lagu terhadap kecerdasan kinestetik pada anak. Penelitian ini dilakukan dengan mengumpulkan beberapa data atau informasi untuk mencapai keberhasilan. desain eksperimen penelitian menggunakan Pre experimental design dengan bentuk One Group Pre test – Post Test Design. Subjek dalam penelitian ini adalah anak Di RA PERWANIDA 1 Boyolali, khususnya kelompok A tahun pelajaran 2012/2013 yang berjumlah 54 anak. Penelitian yang dilakukan harus jelas dan benar, maka peneliti harus melakukan pencatatan secara langsung dengan menggunakan alat bantu pengamatan model Checlist . Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif digunakan untuk mengetahui kategori kecerdasan kinestetik anak menjadi data ordinal. Sistem pengkategorian berdasarkan jumlah nilai tertinggi (48) dan terendah (12) dan analisis hipotesis menggunakan t-test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya perlakuan permainan gerak dan lagu dapat berpengaruh secara signifikan terhadap kecerdasan kinestetik di TK A di RA PERWANIDA 1 Boyolali. Hal ini terbukti bahwa sebelum dilakukan permainan gerak dan lagu anak yang tergolong dalam kategori kemampuan kecerdasan kinestetik tinggi hanya sebanyak 17 anak (31,5%) namun setelah diberi perlakuan permainan gerak dan lagu ternyata kemampuan kecerdasan kinestetik yang tergolong dalam kategori tinggi meningkat dengan signifikan yaitu sebanyak 47 anak (87%).
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | kecerdasan kinestetik, permainan gerak dan lagu |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Anak Usia Dini |
Depositing User: | Users 10 not found. |
Date Deposited: | 17 Jul 2013 11:27 |
Last Modified: | 25 Oct 2021 02:12 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/24882 |
Actions (login required)
View Item |