implementasi pendidikan nilai-nilai demokrasi dalam kegiatan pramuka (studi kasus kegiatan ekstrakulikuler pramuka di SMP Negeri 1 Baturetno Kabupaten Wonogiri Tahun Ajaran 2012/2013

Oktaviani, Sholikah Wahyu and , Drs. Suyahman, M.Si., M.H. (2013) implementasi pendidikan nilai-nilai demokrasi dalam kegiatan pramuka (studi kasus kegiatan ekstrakulikuler pramuka di SMP Negeri 1 Baturetno Kabupaten Wonogiri Tahun Ajaran 2012/2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (708kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (162kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (318kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (191kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (267kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (92kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (139kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (473kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bentuk nilai-nilai demokrasi, im-plementasi pendidikan nilai-nilai demokrasi dan kerjasama anggota dalam kegiatan Pramuka di SMP Negeri 1 Baturetno Kabupaten Wonogiri. Penelitian ini berjenis penelitian kualitatif dengan metode deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan metode observasi, wawancara mendalam dan dokumentasi. Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini adalah bentuk nilai-nilai demokrasi dengan kegiatan Pramuka antara lain musyawarah regu (Pinru dan Wapinru), Gladian Pimpinan Regu (Dianpinru), berkemah, tali-temali, mendirikan tenda, kegiatan PBB, formasi barisan, dan praktik Out Bond. Implementasi pendidikan nilai-nilai demokrasi dalam kegiatan Pramuka di SMP Negeri 1 Baturetno dinilai cukup baik. Adapun bentuk kegiatan yang mencerminkan pendidikan nilai-nilai demokrasi antara lain Gladian Pimpinan Regu (Dianpinru), kegiatan-kegiatan yang menumbuhkan rasa kerjasama antar anggota seperti kegiatan musyawarah untuk memperoleh kesepakat-an bersama dan pengambilan keputusan secara demokratis. Kerjasama siswa dalam kegiatan Pramuka cukup sesuai dengan indikator nilai demokrasi, banyak peserta telah memahami bahwa di dalam satu regu mereka harus menjaga kekompakan, menghargai pendapat anggotanya dan mempunyai tujuan yang sama sebagai satu tim. Temuan studi mengenai implementasi pendidikan nilai-nilai demokrasi dalam kegiatan pramuka di SMP Negeri 1 Baturetno Kabupaten Wonogiri sudah sesuai dengan pengertian kegiatan Pramuka berdasarkan Surat Keputusan Kwartir Nasional Gerakan Pramuka No. 090 Tahun 2001 yaitu mengacu pada prinsip dasar kepramukaan dan metode kepramukaan.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pendidikan, Nilai-nilai Demokrasi, Kegiatan Pramuka
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: Munawar Munawar
Date Deposited: 17 Jul 2013 11:30
Last Modified: 26 Oct 2021 00:19
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/24881

Actions (login required)

View Item View Item