Pengaruh Penggunaan Media Audio Visual Terhadap Kemampuan Berbahasa Pada Anak Usia 4 - 5 Tahun Di TK Aisyiyah Ngringo IV Jaten Karanganyar Tahun Pelajaran 2012/2013

Wulandari, Depi and , Dr. Darsinah, SE., M.Si. (2013) Pengaruh Penggunaan Media Audio Visual Terhadap Kemampuan Berbahasa Pada Anak Usia 4 - 5 Tahun Di TK Aisyiyah Ngringo IV Jaten Karanganyar Tahun Pelajaran 2012/2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
COVER-INTISARI.pdf

Download (163kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
Bab_1.pdf

Download (41kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (107kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (133kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (139kB)
[img] PDF (Bab V)
Bab_5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (14kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (66kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (209kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media audio visual terhadap kemampuan berbahasa pada anak usia 4-5 tahun di TK Aisyiyah Ngringo IV Jaten Karanganyar Tahun Pelajaran 2012/2013. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan desain One-Group Pretest-Posttest Design, yaitu penggunaan pretest sebelum diberi perlakuan dan pengukuran kemampuan berbahasa pada posttest (setelah perlakuan). Subjek dalam penelitian ini adalah anak–anak TK kelompok A pada TK Aisyiyah Ngringo IV Jaten Karanganyar tahun pelajaran 2012/2013 yang berjumlah 28 orang anak. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan dokumentasi. Validitas data menggunakan triangulasi sumber data. Teknik analisis data menggunakan uji beda t test. Pengerjaan menggunakan program komputer SPSS for Windows versi 17.0 Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media audio visual memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap kemampuan berbahasa pada anak usia 4-5 tahun di TK Aisyiyah Ngringo IV Jaten Karanganyar Tahun Pelajaran 2012/2013. Hal ini terbukti dari hasil uji hipotesis dengan uji t yang memperoleh bahwa thitung>ttabel yaitu 10,377 > 2,052 diterima pada taraf signifikansi 5%. Kemampuan berbahasa anak usia dini menunjukkan hasil yang lebih baik setelah pembelajaran dengan media audio visual yaitu mencapai mencapai rata-rata 34,000, lebih tinggi dibandingkan sebelum pembelajaran yang hanya mencapai 27,000. Hal ini menunjukkan bahwa anak usia dini yang telah diberi pembelajaran dengan media audio visual memiliki kemampuan berbahasa yang lebih baik.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kemampuan Berbahasa, Media Audio visual
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Users 10 not found.
Date Deposited: 17 Jul 2013 10:37
Last Modified: 25 Oct 2021 02:10
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/24876

Actions (login required)

View Item View Item