Kusbandinah, Kusbandinah and , Drs Sutan Syahrir Zabda, M.H (2013) Pengembangan Karakter Sopan Santun Melalui Kegiatan Bermain Peran Pada Anak Kelompok B TK Pertiwi 01 Jantiharjo Kecamatan Karanganyar Kabupaten Karanganyar Tahun Pelajaran 2012-2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf Download (487kB) |
|
|
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf Download (75kB) |
|
PDF (Bab II)
BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (176kB) |
||
PDF (Bab III)
BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (143kB) |
||
PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (259kB) |
||
PDF (Bab V)
BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (71kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (72kB) |
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
||
|
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf Download (245kB) |
Abstract
Penelitian ini ditujukan untuk mengembangkan karakter sopan santun pada anak kelompok B TK Pertiwi 01 Jantiharjo, Kabupaten Karanganyar tahun pelajaran 2012/2013 melalui metode bermain peran. Penelitian ini dilaksanakan selama 3 bulan mulai bulan Maret sampai Mei 2013 dengan menggunakan desain penelitian tindakan kelas yang terdiri atas dua siklus. Masing-masing siklus terdiri dari perencanaan (planning), pelaksanaan tindakan (acting), pengamatan (observing), dan refleksi (reflecting). Subjek penelitian ini adalah anak kelompok B TK Pertiwi 01 Jantiharjo. Data yang dikumpukan berupa karakter sopan santun anak dan proses penerapan metode bermain peran dalam pembelajaran. Data dianalisis dengan metode komparatif Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan karakter sopan santun anak dari Siklus I sampai dengan Siklus II. Rata-rata persentase pencapaian kemampuan karakter sopan santun anak meningkat berturut-turut dari prasiklus, sikus I dan siklus II. Berturut-turut 47,87% pada kondisi prasiklus meningkat menjadi 61,25% pada siklus I, 83,87% di siklus II. Sedangkan jumlah anak yang tuntas belajar atau mencapai prosentase keberhasilan sebesar 80% juga terus meningkat yaitu 0% di pra siklus, 10% di siklus I dan 85% di siklus II. Dengan demikian didapat kesimpulan dari penelitian ini bahwa jumlah anak yang mencapai persentase pencapaian telah memenuhi indikator pencapaian yaitu apabila sekurangnya 80% anak mampu mencapai persentase pencapaian sebesar 78%.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | metode bermain peran, karakter sopan santun |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Anak Usia Dini |
Depositing User: | Ari Fatmawati |
Date Deposited: | 17 Jul 2013 07:55 |
Last Modified: | 28 Oct 2021 22:09 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/24864 |
Actions (login required)
View Item |