Upaya Meningkatkan Kosa Kata Bahasa Inggris Anak Melalui Metode Bermain Putaran Kata Di TK Kelompok B Aisyiyah Bibis Jungke Karanganyar Tahun Ajaran 2012/2013

Sejati, Nuraini Widi and , Sri Slamet, S.Pd., M.Hum and , Wili Astuti, S.Pd., M.Hum (2013) Upaya Meningkatkan Kosa Kata Bahasa Inggris Anak Melalui Metode Bermain Putaran Kata Di TK Kelompok B Aisyiyah Bibis Jungke Karanganyar Tahun Ajaran 2012/2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
03._HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (319kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
04._BAB_I.pdf

Download (133kB)
[img] PDF (Bab II)
05._BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (210kB)
[img] PDF (Bab III)
06._BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (217kB)
[img] PDF (Bab IV)
07._BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (283kB)
[img] PDF (Bab V)
08._BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (78kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
09._DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (52kB)
[img] PDF (Lampiran)
10._LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
02._Naskah_Publikasi.pdf

Download (160kB)

Abstract

Begitu pentingnya bahasa Inggris bagi pertumbuhan anak dimasa modern seperti ini. Guru sebisa mungkin membangun semangat anak, agar anak memiliki minat dalam belajar bahasa Inggris. Guru harus lebih inovatif dalam membuat metode pembelajaran bagi anak usia dini. Setelah saya melakukan observasi di kelompok B TK Aisyiyah Bibis Jungke Karanganyar ternyata dalam pembelajaran bahasa Inggris terutama dalam pengenalan kosa kata belum begitu menarik sehingga anak dalam menyerap kosa kata bahasa Inggris kurang optimal. Hal ini dikarenakan alat peraga yang digunakan guru tidak dapat mengikut sertakan anak didik, ruang kelas yang tersekat membuat suasana semakin gaduh dan tidak memungkinkan terserapnya kosa kata bahasa Inggris . Maka dari itu, peneliti ingin meningkatkan kosa kata pada anak kelompok B TK Aisyiyah Bibis Jungke Karanganyar.Salah satu cara untuk meningkatkan kosa kata bahasa Inggris anak adalah melalui bermain putaran kata. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkataan kosa kata bahasa Inggris pada anak kelompok B TK Aisyiyah Bibis Jungke Karanganyar Tahun Ajaran 2012/2013 melalui bermain putaran kata. Metode penelitian yang akan digunakan peneliti adalah jenis penelitian kualitatif yaitu pendekatan yang memandang objek kajian terdiri dari unsur yang saling terkait dan mendiskripsikan fenomena yang ada. Dengan menggunakan penelitian tindakan kelas . Subyek dalam penelitian ini adalah anak didik kelompok B TK Aisyiyah Bibis Jungke Karanganyar Tahun Ajaran 2012/2013 yang berjumlah 25 anak. Penelitian ini bersifat kolaboratif antara peneliti, guru kelas dan kepala sekolah. Penelitian ini dilaksanakan dalam tiga siklus masing-masing siklus terdiri atas empat tahap yaitu perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan, observasi, refleksi. Data kerjasama anak dikumpulkan melalui metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan analisis interaktif yang terdiri dari reduksi data, penyajian data, penyimpulan hasil analisis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada peningkatan kosa kata bahasa Inggris pada anak didik yakni sebelum tindakan 32,62% , siklus I mencapai 58,37% , siklus II mencapai72,62% , siklus III mencapai 83,00%. Kesimpulan dari penelitian ini adalah melalui metode bermain putaran kata dapat meningkatkan kosa kata bahasa Inggris pada anak kelompok B TK Aisyiyah Bibis Jungke Karanganyar Tahun Ajaran 2012/2013. Hal ini membuktikan bahwa hipotesis yang diajukan telah teruji kebenarannya.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: putaran kata, kosa kata bahasa Inggris
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Users 10 not found.
Date Deposited: 17 Jul 2013 07:45
Last Modified: 22 Oct 2021 06:52
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/24863

Actions (login required)

View Item View Item