Andriyani, Mirsa and , Drs. Sutan Syahrir Zabda, M.H (2013) Pengembangan Kemampuan Berhitung Melalui Bermain Dengan Media Bola Keranjang Pada Anak Kelompok B TK Aisyiyah Parakan Bolong Karanganyar Kabupaten Karanganyar Tahun Pelajaran 2012 / 2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf Download (527kB) |
|
|
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf Download (60kB) |
|
PDF (Bab II)
BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (108kB) |
||
PDF (Bab III)
BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (93kB) |
||
PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (169kB) |
||
PDF (Bab V)
BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (58kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (58kB) |
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
||
|
PDF (Naskah Publikas)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf Download (261kB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan kemampuan berhitung melalui bermain dengan media bola keranjang pada anak kelompok B TK Aisyiyah Parakan Bolong Karanganyar tahun pelajaran 2012/2013. Penelitian ini dilaksanakan selama 3 bulan mulai bulan Maret 2013 sampai bulan Mei 2013 dengan menggunakan desain penelitian tindakan kelas yang terdiri dari dua siklus. Masing-masing siklus terdiri dari perencanaan ( planning), pelaksanaan tindakan (acting), pengamatan (observing), dan refleksi (reflecting). Subjek penelitian ini adalah anak kelompok B TK Aisyiyah Parakan. Data yang dikumpulkan berupa kemampuan berhitung pada anak dan proses penerapan kegiatan bermain dengan media bola keranjang dalam pembelajaran. Data dianalisis dengan metode komparatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan berhitung pada anak melalui kegiatan bermain dengan media bola keranjang mengalami peningkatan pada setiap siklusnya. Hal ini dapat terbukti bahwa terjadi peningkatan rata-rata persentase pencapaian dari siklus I sampai dengan siklus II. Rata-rata pencapaian kemampuan berhitung pada anak meningkat dari prasiklus 45,8% menjadi 60,7% pada siklus I, siklus II menjadi 77,4%. Dengan demikian didapat kesimpulan dari penelitian ini bahwa kegiatan bermain dengan bola keranjang dapat mengembangkan kemampuan berhitung pada anak kelompok B TK Aisyiyah Parakan. Jumlah anak yang mencapai persentase pencapaian telah memenuhi indikator yaitu apabila sekurangnya 75% jumlah anak mampu mencapai persentase pencapaian sebesar 75%.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | bermain, media, bola keranjang, kemampuan berhitung |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Anak Usia Dini |
Depositing User: | Ari Fatmawati |
Date Deposited: | 17 Jul 2013 07:45 |
Last Modified: | 28 Oct 2021 04:21 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/24861 |
Actions (login required)
View Item |