Sunarsi, Sunarsi and , Drs. Sutan Syahrir Zabda, MH (2013) Upaya Mengembangkan Kemampuan Berbahasa Lisan Melalui Metode Bermain Peran Pada Anak Kelompok B TK Kadipiro 01 Kecamatan Jumapolo Kabupaten Karanganyar Tahun Pelajaran 2012-2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf Download (339kB) |
|
|
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf Download (64kB) |
|
PDF (Bab II)
BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (92kB) |
||
PDF (Bab III)
BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (125kB) |
||
PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (201kB) |
||
PDF (Bab V)
BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (52kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (52kB) |
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
||
|
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf Download (266kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan kemampuan berbahasa lisan melalui metode bermain peran pada anak Kelompok B TK Kadipiro 01 Jumapolo. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK), subjek penelitan adalah anak didik kelompok B di TK Kadipiro 01 Jumapolo tahun pelajaran 2012-2013 yang berjumlah 16 anak. Penelitian ini bersifat kolaboratif antara peneliti, guru kelas dan kepala sekolah. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Observasi digunakan untuk mengumpulkan data tentang pengembangan kemampuan berbahasa lisan, sedangkan dokumentasi digunakan untuk melihat keaktifan anak saat pembelajaran bahasa menggunakan metode bermain peran, serta pengumpulan gambar-gambar saat pembelajaran bahasa. Data yang digunakan adalah data kualitatif yaitu perbandingan prosentase melalui siklus. Berdasarkan hasil tiap siklus tentang pengembangan kemampuan bahasa lisan melalui penerapan metode bermain peran diperoleh hasil pada prasiklus 40.04%, siklus I 62,11%, siklus II 83,59%, sedangkan jumlah anak yang tuntas belajar atau mencapai prosentase keberhasilan sebesar 80% juga terus meningkat yaitu 25% diprasiklus, 50% pada siklus I, dan 87.50% pada siklus II. Dengan demikian upaya mengembangkan kemampuan berbahasa lisan melalui metode bermain peran pada anak kelompok B Taman Kanak-kanak Kadipiro 01 Kecamatan Jumapolo Kabupaten Karanganyar tahun ajaran 2012-2013 dikatakan berhasil karena keberhasilan yang ditargetkan 80% ternyata pada siklus II sudah melebihi dari target yaitu 83.59%.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Bermain peran, Berbahasa lisan |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Anak Usia Dini |
Depositing User: | Ari Fatmawati |
Date Deposited: | 17 Jul 2013 07:00 |
Last Modified: | 28 Oct 2021 04:15 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/24856 |
Actions (login required)
View Item |