Penerapan Model Pembelajaran BCCT Sentra Balok Dalam Mengoptimalkan Pemahaman Konsep Bentuk Geometri Di Playgroup Intan Permata Aisyiyah Makamhaji Tahun 2012/2013

Susilowati, Esty and , Aryati Prasetyarini, M.Pd (2013) Penerapan Model Pembelajaran BCCT Sentra Balok Dalam Mengoptimalkan Pemahaman Konsep Bentuk Geometri Di Playgroup Intan Permata Aisyiyah Makamhaji Tahun 2012/2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (41kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (206kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (134kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (111kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (23kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (13kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (599kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan model pembelajaran BCCT sentra balok dalam mengoptimalkan pemahaman konsep bentuk geometri, untuk mengetahui kendala yang dihadapi guru dalam mengoptimalkan pemahaman konsep bentuk geometri, dan relevansi model pembelajaran BCCT sentra balok dengan prinsip-prinsip pendekatan BCCT di Playgroup Intan Permata Aisyiyah Makamhaji tahun 2012/2013. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Penelitian dilakukan di Playgroup Intan Permata Aisyiyah Makamhaji Sukoharjo. Subyek penelitian ini adalah anak Kelompok usia 2,5 sampai 4 tahun Intan Permata Aisyiyah Makamhaji sejumlah 20 anak. Data penerapan pembelajaran sentra balok dikumpulkan melalui dokumentasi dan wawancara, sedangkan pemahaman konsep bentuk geometri diperoleh melelui observasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis model interaktif. Hasil analisis menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran BCCT sentra balok dalam mengoptimalkan pemahaman konsep bentuk geometri di Playgroup Intan Permata Aisyiyah Makamhaji sudah sesuai dengan prosedur pelaksanaan model pembelajaran BCCT, hal ini dapat dilihat dari kegiatan belajar yang dilakukan terutama pada pijakan-pijakan yang menekankan pada pengoptimalan pemahaman konsep bentuk geometri, namun pada kegiatanmain pembukaan masih dilakukan secara klasikal, kendala yang dihadapi guru adalah tidak adanya guru pendamping, kurangnya media belajar dan kurangnya pengertian anak untuk membereskan media belajar yang berupa balok geometri, penerapan model pembelajaran BCCT sentra balok sudah sesuai dengan prinsip-prinsip pendekatan pembelajaran BCCT.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Moodel Pembelajaran BCCT Sentra Balok, Pemahaman Konsep Bentuk Geometri
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Users 10 not found.
Date Deposited: 16 Jul 2013 11:12
Last Modified: 22 Oct 2021 06:22
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/24841

Actions (login required)

View Item View Item