Susilowati, Esty and , Aryati Prasetyarini, M.Pd (2013) Penerapan Model Pembelajaran BCCT Sentra Balok Dalam Mengoptimalkan Pemahaman Konsep Bentuk Geometri Di Playgroup Intan Permata Aisyiyah Makamhaji Tahun 2012/2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf Download (1MB) |
|
|
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf Download (41kB) |
|
PDF (Bab II)
BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (206kB) |
||
PDF (Bab III)
BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (134kB) |
||
PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (111kB) |
||
PDF (Bab V)
BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (23kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (13kB) |
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
||
|
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf Download (599kB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan model pembelajaran BCCT sentra balok dalam mengoptimalkan pemahaman konsep bentuk geometri, untuk mengetahui kendala yang dihadapi guru dalam mengoptimalkan pemahaman konsep bentuk geometri, dan relevansi model pembelajaran BCCT sentra balok dengan prinsip-prinsip pendekatan BCCT di Playgroup Intan Permata Aisyiyah Makamhaji tahun 2012/2013. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Penelitian dilakukan di Playgroup Intan Permata Aisyiyah Makamhaji Sukoharjo. Subyek penelitian ini adalah anak Kelompok usia 2,5 sampai 4 tahun Intan Permata Aisyiyah Makamhaji sejumlah 20 anak. Data penerapan pembelajaran sentra balok dikumpulkan melalui dokumentasi dan wawancara, sedangkan pemahaman konsep bentuk geometri diperoleh melelui observasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis model interaktif. Hasil analisis menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran BCCT sentra balok dalam mengoptimalkan pemahaman konsep bentuk geometri di Playgroup Intan Permata Aisyiyah Makamhaji sudah sesuai dengan prosedur pelaksanaan model pembelajaran BCCT, hal ini dapat dilihat dari kegiatan belajar yang dilakukan terutama pada pijakan-pijakan yang menekankan pada pengoptimalan pemahaman konsep bentuk geometri, namun pada kegiatanmain pembukaan masih dilakukan secara klasikal, kendala yang dihadapi guru adalah tidak adanya guru pendamping, kurangnya media belajar dan kurangnya pengertian anak untuk membereskan media belajar yang berupa balok geometri, penerapan model pembelajaran BCCT sentra balok sudah sesuai dengan prinsip-prinsip pendekatan pembelajaran BCCT.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Moodel Pembelajaran BCCT Sentra Balok, Pemahaman Konsep Bentuk Geometri |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Anak Usia Dini |
Depositing User: | Users 10 not found. |
Date Deposited: | 16 Jul 2013 11:12 |
Last Modified: | 22 Oct 2021 06:22 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/24841 |
Actions (login required)
View Item |