Peningkatan Motivasi Belajar Melalui Metode The Learning Cell Pada Mata Pelajaran PKn Siswa Kelas IV SD Negeri Pengkol 1 Kecamatan Karanggede Kabupaten Boyolali Tahun Ajaran 2012/2013

Utama, Wisnu Yoga and , Dra. Risminawati, M.Pd. (2013) Peningkatan Motivasi Belajar Melalui Metode The Learning Cell Pada Mata Pelajaran PKn Siswa Kelas IV SD Negeri Pengkol 1 Kecamatan Karanggede Kabupaten Boyolali Tahun Ajaran 2012/2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (885kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (116kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (173kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (159kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (341kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (65kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (104kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (673kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan Motivasi dan hasil belajar melalui metode the learning cell pada mata pelajaran Pkn siswa kelas IV SDN Pengkol 1. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Subyek dari penelitian ini adalah guru dan siswa kelas IV SDN Pengkol 1 yang berjumlah 16 siswa yang terdiri dari 10 siswa laki – laki, dan 6 siswa perempuan. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, tes, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan adalah model interaktif yang meliputi reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan Motivasi belajar siswa pada pelajaran Pkn yang berdampak pada hasil belajar siswa. Peningkatan Motivasi tersebut terlihat dalam 5 indikator yaitu Ketekunan dalam mengerjakan tugas, Antusias siswa dalam mengikuti pembelajaran, Keaktifan siswa dalam berdiskusi, Keberanian siswa mengungkapkan pendapat, Keaktifan siswa dalam bertanya. . Ketekunan dalam mengerjakan tugas pada Pra siklus sebesar 54,68%, siklus I sebesar 70,31%, siklus II sebesar 93,75%. Antusias siswa dalam mengikuti pembelajaran pada pra siklus sebesar 54,68%, siklus I sebesar 70,31%, siklus II sebesar 82,81%. Keaktifan siswa dalam berdiskusi Pra siklus sebesar 57,81%, siklus I sebesar 65,62%, siklus II sebesar 82,81%. Keberanian siswa mengungkapkan pendapat pada pra siklus sebesar 56,25%, siklus I sebesar 68,75%, siklus II sebesar 84,37%. Keaktifan siswa dalam bertanya pada pra siklus sebesar 62,5%, siklus I sebesar 67,18%, siklus II sebesar 89,06%. Peningkatan Motivasi belajar siswa berdampak pada pelajaran Pkn dibuktikan dengan hasil belajar siswa yang diperoleh data pada pra siklus sebanyak 8 siswa atau sebesar 50% mengalami ketuntasan, siklus I sebanyak 11 siswa atau sebesar 68,75% mengalami ketuntasan, pada siklus II prosentase ketuntasan yang diperoleh sebanyak 14 siswa atau sebesar 87,5%. Dengan demikian dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penerapan metode pembelajaran learning cell dapat meningkatkan motivasi belajar berdampak pada peningkatan hasil belajar PKn siswa kelas IV SD Negeri Pengkol 1 Tahun Ajaran 2012/2013. Kesimpulan penelitian ini adalah bahwa metode pembelajaran Learning Cell dapat meningkatkan Motivasi dan hasil belajar siswa pada pelajaran Pkn kelas IV SDN Pengkol 1 Boyolali tahun ajaran 2012/2013.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Strategi Pembelajaran Learning Cell, Motivasi belajar, hasil belajar PKn
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 10 not found.
Date Deposited: 16 Jul 2013 10:43
Last Modified: 31 Oct 2021 08:14
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/24835

Actions (login required)

View Item View Item