Peningkatan Keterampilan Menulis Karangan Narasi Melalui Gambar Seri Pada Siswa Kelas IV SD Negeri 1 Crewek Kecamatan Kradenan Kabupaten Grobogan Tahun Ajaran 2012/2013

Ma’ruf, Arif and , Dra. Risminawati, M.Pd. (2013) Peningkatan Keterampilan Menulis Karangan Narasi Melalui Gambar Seri Pada Siswa Kelas IV SD Negeri 1 Crewek Kecamatan Kradenan Kabupaten Grobogan Tahun Ajaran 2012/2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (643kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (124kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (142kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (103kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV_.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (537kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (82kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (117kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (389kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan menulis karangan narasi dan hasil belajar siswa kelas IV SD Negeri 1 Crewek Kradenan Grobogan dengan penerapan media gambar seri pada pembelajaran bahasa Indonesia. Jenis penelitian ini adalah PTK, Subjek penelitian yang dikenai tindakan adalah siswa kelas IV SD Negeri 1 Crewek Kradenan Grobogan yang berjumlah 33 siswa, subjek pelaku tindakan yaitu guru. Metode pengumpulan data dengan menggunakan metode wawancara, observasi, dan tes. Teknik analisis data yang digunakan dengan menggunakan teknik diskriptif kualitatif yang meliputi tahap reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya peningkatan keterampilan menulis karangan narasi siswa yang dapat dilihat dari peningkatan indikator-indikator keterampilan menulis karangan narasi yang mencakup: 1) Isi/substansi 2) Pengorganisasian tulisan, 3) Kosakata, 4) Penggunaan kaidah bahasa tulis 5) Penggunaan ejaan dan tanda baca naik dari Pra Siklus 54,54%, Siklus I Pertemuan I 57,57 % Siklus I Pertemuan II 66,66% Siklus II pertemuan I 72,72% Siklus II Pertemuan II 81,81% Sedangkan hasil belajar siswa juga mengalami peningkatan. Sebelum tindakan nilai rata-rata kelas 68,84, pada siklus I nilai rata-rata meningkat menjadi 75,51 dan pada siklus II nilai rata meningkat menjadi 82,06 Kesimpulan penelitian ini adalah bahwa penerapan menggunakan media gambar seri, dapat meningkatkan keterampilan menulis karangan narasi siswa kelas IV pada pembelajaran Bahasa Indonesia di SD Negeri 1 Crewek tahun 2012/2013.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Keterampilan Menulis, Karangan Narasi, Media gambar seri
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 10 not found.
Date Deposited: 16 Jul 2013 10:00
Last Modified: 31 Oct 2021 08:11
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/24830

Actions (login required)

View Item View Item