HUBUNGAN ANTARA KEPERCAYAAN DIRI DAN LAMANYA BERORGANISASI DENGAN PERSEPSI TERHADAP PRESTASI AKADEMIK DI KAMPUS

NURHAYATI , SRI (2008) HUBUNGAN ANTARA KEPERCAYAAN DIRI DAN LAMANYA BERORGANISASI DENGAN PERSEPSI TERHADAP PRESTASI AKADEMIK DI KAMPUS. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF
F100030126.pdf

Download (258kB)
[img] PDF
F100030126.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (497kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara kepercayaan diri dan lamanya berorganisasi dengan persepsi terhadap prestasi akademik pada mahasiswa. Hipotesis penelitian ini adalah ada hubungan antara kepercayaan diri dan lamanya berorganisasi dengan persepsi terhadap prestasi akademik. Subjek penelitian ini berjumlah 67 orang yang ditentukan dengan menggunakan purposive sampling. Alat ukur yang digunakan adalah skala kepercayaan diri dan skala persepsi terhadap prestasi akademik. Lama organisasi diambil dari metode dokumentasi yang berupa catatan keanggotaan. Hasil analisis regresi dua prediktor menunjukkan korelasi (R) sebesar 0,522. Fregresi sebesar 12,007 dengan p < 0,01. Hal ini berarti ada hubungan yang sangat signifikan antara kepercayaan diri dan lamanya berorganisasi dengan persepsi terhadap prestasi akademik. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh nilai koefisien korelasi (rx1y) sebesar 0,514 dengan p < 0,01 yang berarti ada hubungan positif yang sangat signifikan antara kepercayaan diri dengan persepsi terhadap prestasi akademik. Nilai koefisien korelasi (rx2y) 0,063 dengan p > 0,01 yang berarti tidak ada hubungan antara lamanya berorganisasi dengan persepsi terhadap prestasi akademik. Hasil penelitian menunjukkan kepercayaan diri pada subjek tergolong tinggi dengan rerata empirik sebesar 54,522 dan rerata hipotetik sebesar 47,5. Persepsi terhadap prestasi akademik subjek tergolong tinggi dengan rerata empirik sebesar 52,328 dan rerata hipotetik sebesar 42,5. Sumbangan efektif kepercayaan diri terhadap persepsi prestasi akademik sebesar 26,995%. Dan sumbangan efektif lama organisasi terhadap persepsi prestasi akademik sebesar 0,289%. Total sumbangan efektif sebesar 27,284%.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: persepsi terhadap prestasi akademik, kepercayaan diri dan lamanya berorgansisasi
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Fakultas Psikologi > Psikologi
Depositing User: Mrs. Gatiningsih Gatiningsih
Date Deposited: 11 Jun 2009 07:33
Last Modified: 16 Nov 2010 22:41
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/2483

Actions (login required)

View Item View Item