Penerapan Strategi Make A Match Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Biologi Pada Materi Ekosistem Siswa Kelas VII E SMP Muhammadiyah 5 Surakarta Tahun Ajaran 2012/2013

Wahyuni, Dwi Evri and , Dra. Suparti, M.Si (2013) Penerapan Strategi Make A Match Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Biologi Pada Materi Ekosistem Siswa Kelas VII E SMP Muhammadiyah 5 Surakarta Tahun Ajaran 2012/2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN_.pdf

Download (633kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (149kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (291kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (117kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (284kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (86kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (150kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (522kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar biologi dengan menerapkan Strategi Make a match pada materi ekosistem siswa kelas VII SMP Muhammadiyah 5 Surakarta Tahun Ajaran 2012/2013. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilakukan dalam satu siklus dengan tahapan kegiatan masing-masing terdiri dari dialog awal, perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, refleksi dan evaluasi. Teknik pengumpulan data dengan observasi, wawancara, tes dan dokumentasi. Teknik analisis data secara deskriptif kualitatif yang meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan penelitian prasiklus diperoleh hasil belajar aspek kognitif yaitu nilai rata-rata 63,03 yang dapat mencapai nilai KKM sebanyak 11 siswa (33,33%). Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa peningkatan nilai hasil belajar aspek kognitif pada siklus I nilai rata-rata 79,45 dan hasil yang mencapai KKM sebanyak 29 siswa (87,87%). Untuk hasil belajar aspek afektif pada prasiklus dari siswa disiplin 72,72%, siswa teliti 24,24%, siswa tanggungjawab 27,27% dan siswa bertanya 21,21%. Pada siklus I prosentase siswa disiplin 78,78%, siswa teliti 81,81%, siswa tanggungjawab 72,72% dan siswa bertanya 78,78%. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan strategi Make a match dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas VII SMP Muhammadiyah 5 Surakarta Tahun Ajaran 2012/2013.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Strategi Make a match, Materi Ekosistem, Hasil belajar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi
Depositing User: Users 10 not found.
Date Deposited: 16 Jul 2013 07:46
Last Modified: 03 Nov 2021 23:18
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/24826

Actions (login required)

View Item View Item