Wahyuni, Dwi Evri and , Dra. Suparti, M.Si (2013) Penerapan Strategi Make A Match Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Biologi Pada Materi Ekosistem Siswa Kelas VII E SMP Muhammadiyah 5 Surakarta Tahun Ajaran 2012/2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN_.pdf Download (633kB) |
|
|
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf Download (149kB) |
|
PDF (Bab II)
BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (291kB) |
||
PDF (Bab III)
BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (117kB) |
||
PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (284kB) |
||
PDF (Bab V)
BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (86kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (150kB) |
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
||
|
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf Download (522kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar biologi dengan menerapkan Strategi Make a match pada materi ekosistem siswa kelas VII SMP Muhammadiyah 5 Surakarta Tahun Ajaran 2012/2013. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilakukan dalam satu siklus dengan tahapan kegiatan masing-masing terdiri dari dialog awal, perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, refleksi dan evaluasi. Teknik pengumpulan data dengan observasi, wawancara, tes dan dokumentasi. Teknik analisis data secara deskriptif kualitatif yang meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan penelitian prasiklus diperoleh hasil belajar aspek kognitif yaitu nilai rata-rata 63,03 yang dapat mencapai nilai KKM sebanyak 11 siswa (33,33%). Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa peningkatan nilai hasil belajar aspek kognitif pada siklus I nilai rata-rata 79,45 dan hasil yang mencapai KKM sebanyak 29 siswa (87,87%). Untuk hasil belajar aspek afektif pada prasiklus dari siswa disiplin 72,72%, siswa teliti 24,24%, siswa tanggungjawab 27,27% dan siswa bertanya 21,21%. Pada siklus I prosentase siswa disiplin 78,78%, siswa teliti 81,81%, siswa tanggungjawab 72,72% dan siswa bertanya 78,78%. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan strategi Make a match dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas VII SMP Muhammadiyah 5 Surakarta Tahun Ajaran 2012/2013.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Strategi Make a match, Materi Ekosistem, Hasil belajar |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Users 10 not found. |
Date Deposited: | 16 Jul 2013 07:46 |
Last Modified: | 03 Nov 2021 23:18 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/24826 |
Actions (login required)
View Item |