Implementasi Pembelajaran Role Playing Dan Think Talk Write (TTW) Pada Siswa SMP Negeri 1 Kartasura Tahun Ajaran 2012/2013 Terhadap Hasil Belajar Biologi

LESTARI, PUJI and , Drs. Djumadi, M.Kes (2013) Implementasi Pembelajaran Role Playing Dan Think Talk Write (TTW) Pada Siswa SMP Negeri 1 Kartasura Tahun Ajaran 2012/2013 Terhadap Hasil Belajar Biologi. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman depan)
02._Halaman_awal.pdf

Download (347kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
03._BAB_I.pdf

Download (149kB)
[img] PDF (Bab II)
04._BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (326kB)
[img] PDF (Bab III)
05._BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (472kB)
[img] PDF (Bab IV)
06._BAB__IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (140kB)
[img] PDF (Bab V)
07._BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (84kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar pustaka)
08._DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (88kB)
[img] PDF (Lampiran)
09._LAMPIRAN-LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah publikasi)
11._Naskah_Publikasi.pdf

Download (251kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah ada pengaruh implementasi Role Playing dan Think Talk Write terhadap hasil belajar Ekosistem pada siswa kelasVII SMP Negeri 1 Kartasura Tahun ajaran 2012/2013. Hasil belajar siswa pada penelitian ini ditekankan pada perbandingan hasil belajar kognitif. Penelitian ini mengambil lokasi di SMP Negeri 1 Kartasura, Surakarta. Bentuk penelitian ini adalah eksperimen. Populasi ini adalah siswa kelas VII SMP Negeri 1 Kartasura, Surakarta. Sampel menggunakan tiga kelas, kelas VII E sebagai kelas kontrol, kelas VII F sebagai kelas eksperimen I (menggunakan Role Playing) dan kelas VII G sebagai kelas eksperimen II (menggunakan Think Talk Write). Teknik penentuan sampel menggunakan random sampling. Teknik pengumpulan data hasil belajar siswa dengan observasi, dokumentasi, perlakuan, memberikan tes, dan menilai hasil tes. Analisis data yang digunakan untuk menguji hipotesis dilakukan dengan uji non parametrik dengan tipe K-Independent Sample T Test (Kruskal-Wallis Test), tetapi sebelumnya dilakukan uji Normalitas dan Homogenitas. Hasil analisis data K-Independent Sample Test (Kruskal-Wallis Test) diperoleh nilai signifikasi = 0,334 dan nilai probabilitas post test = 0,008, maka dapat ditarik kesimpulan bahwa hasil belajar Role Playing dan Think Talk Write (TTW) pada siswa SMP Negeri 1 Kartasura tahun ajaran 2012/2013, yang paling tinggi hasil belajarnya adalah Think Talk Write.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Role Playing, Think Talk Write, dan hasil belajar siswa.
Subjects: L Education > LA History of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi
Depositing User: Users 13 not found.
Date Deposited: 15 Jul 2013 12:03
Last Modified: 03 Nov 2021 20:36
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/24811

Actions (login required)

View Item View Item