Upaya Meningkatkan Minat Belajar Siswa Melalui Strategi Make A Match Dalam Proses Pembelajaran Biologi Pada Siswa Kelas VIII C SMP Negeri 6 Surakarta Tahun Ajaran 2012/2013

RATNASARI, VUTRI NOVITA and , Drs. Sofyan Anif, M.Si (2013) Upaya Meningkatkan Minat Belajar Siswa Melalui Strategi Make A Match Dalam Proses Pembelajaran Biologi Pada Siswa Kelas VIII C SMP Negeri 6 Surakarta Tahun Ajaran 2012/2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman depan)
03._HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (982kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
04._BAB_I.pdf

Download (22kB)
[img] PDF (Bab II)
05._BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (46kB)
[img] PDF (Bab III)
06._BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (139kB)
[img] PDF (Bab IV)
08._BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (92kB)
[img] PDF (Bab V)
07._BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (12kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar pustaka)
09._DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (14kB)
[img] PDF (Lampiran)
10._LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah publikasi)
02._NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (110kB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini untuk meningkatkan minat belajar siswa pada aspek afektif dan kognitif melalui strategi Make A Match pada materi proses fotosintesis. Subjek pelaksanaan tindakan adalah siswa kelas VIII C SMP Negeri 6 Surakarta Tahun Ajaran 2012/2013 yang berjumlah 31 siswa. Hasil belajar kognitif siswa sebelum dilaksanakan Penelitian Tindakan dari 31siswa hanya 15 siswa yang dapat mencapai nilai KKM. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa peningkatan nilai belajar siswa aspek kognitif pada siklus I prosentase ketuntasan 74,19% dengan rata-rata nilai 73,87 pada siklus II prosentase ketuntasan meningkat menjadi 90,32% dengan nilai rata-rata menjadi 82,32. Hasil belajar aspek afektif pada siklus I dari pembagian tugas 77,42%, siswa bertanya 58,06%, menjawab pertanyaan 48,39%, mengemukakan pendapat 58,06%, bekerja sama 80,65%, dan memperhatikan 80,65%, pada siklus II prosentase pembagian tugas 80,65%, bertanya 80,65%, menjawab pertanyaan 83,87%, mengemukakan pendapat 77,42%, bekerja sama 80,65%, dan memperhatikan 83,87%. Sedangkan hasil dari aspek minat pada siklus I sebesar 63,55%, pada siklus II sebesar 84,02%. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa strategi Make A Match dapat meningkatkan minat belajar siswa pada materi proses fotosintesis kelas VIII C SMP Negeri 6 Surakarta Tahun Ajaran 2012/2013.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: pembelajarn make a match, minat.
Subjects: L Education > LA History of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi
Depositing User: Users 13 not found.
Date Deposited: 15 Jul 2013 11:54
Last Modified: 03 Nov 2021 20:36
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/24808

Actions (login required)

View Item View Item