Erma, Erma and , Drs. Daliman, S.U. (2013) Hubungan Antara Harga Diri Dengan Prokrastinasi Akademik Pada Mahasiswa. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
03._Halaman_Depan.pdf Download (740kB) |
|
|
PDF (Bab I)
04._BAB_I.pdf Download (53kB) |
|
PDF (Bab II)
05._BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (118kB) |
||
PDF (Bab III)
06._BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (108kB) |
||
PDF (Bab IV)
07._BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (205kB) |
||
PDF (Bab V)
08._BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (9kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
09._Daftar_Pustaka.pdf Download (52kB) |
|
PDF (Lampiran)
10._Lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (4MB) |
||
|
PDF (Naskah Publikasi)
02._Naskah_Publikasi.pdf Download (690kB) |
Abstract
Salah satu permasalahan yang sering dilakukan mahasiswa dalam perkuliahan berkaitan dengan pengelolaan waktu atau disiplin waktu. Prokrastinasi merupakan istilah dalam literatur ilmiah psikologi yang menunjukkan pada perilaku ketidakdisiplinan terhadap waktu. Indikasi terdapatnya prokrastinasi pada mahasiswa adalah lamanya selalu menunda-nunda mengerjakan tugas-tugas akademik yang harus diselesaikan. Banyak faktor yang mempengaruhi prokrastinasi akademik, salah satunya yaitu harga diri. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Hubungan antara harga diri dengan prokrastinasi akademik; 2) Sumbangan atau peranan harga diri terhadap prokrastinasi akademik.; 3) Tingkat atau kondisi harga diri subjek penelitian dan 4) Tingkat atau kondisi prokrastinasi akademik. subjek penelitian adalah Mahasiswa Fakultas Psikologi UMS tahun akademik 2007-2008-2009 berjumlah 90 orang, pengambilan sampel menggunakan teknik incidental non random sampling.Metode pengumpulan data menggunakan skala harga diri dan skala prokrastinasi akademik. Metode analisis data menggunakan teknik korelasi product moment. Hasil analisis product moment diperoleh nilai r = -0,528; p = 0,000 (p < 0,01). Artinaya ada hubungan negatif yang sangat signifikan antara harga diri dengan prokrastinasi akademik. Semakin tinggi harga diri maka semakin rendah prokrastinasi akademik, sebaliknya semakin rendah harga diri maka semakin tinggi prokrastinasi akademik. Nilai koefisien determinan (r2) sebesar 0,279. Hal ini berarti sumbangan harga diri terhadap prokrastinasi akademik sebesar 27,9%, maka masih terdapat 72,1% faktor-faktor lain yang mempengaruhi prokrastinasi akademik selain variabel harga diri misalnya kelelahan dan kondisi psikologis, ketidaksenangan terhadap tugas, manajemen waktu, gaya pengasuhan orang tua dan faktor lingkungan yang lunak atau longgar pengawasannya. Berdasarkan kategorisasi diketahui harga diri pada subjek penelitian tergolong sedang ditunjukkan oleh rerata empirik (RE) = 94,567 dan rerata hipotetik (RH) = 92,5. Prokrastinasi akademik pada subjek penelitian tergolong sedang, ditunjukkan oleh rerata empirik (RE) = 106,933 dan rerata hipotetik (RH) = 112,5.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | harga diri, prokrastinasi akademik |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology |
Divisions: | Fakultas Psikologi > Psikologi |
Depositing User: | Users 10 not found. |
Date Deposited: | 15 Jul 2013 10:20 |
Last Modified: | 26 Oct 2021 04:36 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/24795 |
Actions (login required)
View Item |