Perbedaan Hasil Belajar Ene Dengan Pap Ditinjau Dari Pembelajaran Biologi Siswa Kelas VIII Smp Muhammadiyah 1 Surakarta Tahun Ajaran 2012/2013

Hikmah, Nurul and , Dra. Aminah Asngad, M.Si (2013) Perbedaan Hasil Belajar Ene Dengan Pap Ditinjau Dari Pembelajaran Biologi Siswa Kelas VIII Smp Muhammadiyah 1 Surakarta Tahun Ajaran 2012/2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
03._HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (264kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
04._BAB_I.pdf

Download (98kB)
[img] PDF (Bab II)
05._BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (116kB)
[img] PDF (Bab III)
06._BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (239kB)
[img] PDF (Bab IV)
07._BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (236kB)
[img] PDF (Bab V)
08._BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (76kB)
[img]
Preview
PDF (Daftra Pustaka)
09._DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (115kB)
[img] PDF (Lampiran)
10._LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
02._NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (287kB)

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen pendidikan yang bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar biologi siswa kelas VIII. Penelitian ini dilakukan di SMP Muhammadiyah 1 Surakarta kelas VIII. Kelas yang digunakan dalam penelitian dipilih tiga kelas secara acak (random) dengan menggunakan pembelajaran yang berbeda. Kelas pertama VIIIA menerapkan pembelajaran picture and picture, kelas kedua VIIIC menerapkan pembelajaran examples non examples kelas ketiga VIIIB menerapkan pembelajaran ceramah. Pada penelitian ini menerapkan 3 materi yang berbeda yaitu struktur organ dan fungsi tubuh tumbuhan, fotosintesis, dan gerak pada tumbuhan. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode dokumentasi dan metode tes. Analisa data menggunakan uji statistika One-Way ANOVA melalui program SPSS 17.0 for Windows. Hasil nilai rata-rata postest siswa menggunakan pembelajaran picture and picture sebesar (81,06±3,57) lebih tinggi dari pada menggunakan pembelajaran examples non examples sebesar (77,78±4,38) dan ceramah sebesar (68,84±5,28). Hasil uji hipotesis bahwa terlihat nilai Fhitung (72,204) lebih besar dari Ftabel (3,085). Nilai Ftabel diperoleh dari nilai taraf signifikansi 5% (df=2,105), maka H0 ditolak berarti terdapat perbedaan yang signifikan antara ketiga pembelajaran yang diterapkan antara pembelajaran examples non examples, picture and picture, dan ceramahl. Hasil uji lanjut anova pembelajaran picture and picture dan examples non examples 0,002 < 0,05, maka H0 ditolak jadi terdapat perbedaan. Perbandingan pembelajaran picture and picture dan ceramah 0,000 < 0,05, maka H0 ditolak maka terdapat perbedaan. Perbandingan pembelajaran examples non examples dan picture and picture 0,002 < 0,05, maka H0 ditolak jadi ada perbedaan. Perbandingan pembelajaran antara ceramah dengan picture and picture dan examples non examples 0,000 < 0,05 maka terdapat perbedaan. Nilai afektif yang diperoleh menunujukan bahwa nilai pembelajaran picture and picture lebih tinggi (2,906 ± 0,558) dari nilai pembelajaran examples non examples (2,861 ± 0,617) dan ceramah (2,828 ± 0,622). Kesimpulan yang dapat diambil dari penelitian ini yaitu ada perbedaan antara pembelajaran examples non examples, picture and picture, dan ceramah.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: examples non examples, picture and picture, hasil belajar.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 13 Jul 2013 07:17
Last Modified: 03 Nov 2021 20:19
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/24765

Actions (login required)

View Item View Item