Wujud Pragmatik Imperatif Dalam Kegiatan Pembelajaran Di Taman Pendidikan Alquran Al Falah Desa Srebegan Kecamatan Ceper Kabupaten Klaten

Sari, Nur Hidayah and , Prof. Dr. Abdul Ngalim, M.Hum (2013) Wujud Pragmatik Imperatif Dalam Kegiatan Pembelajaran Di Taman Pendidikan Alquran Al Falah Desa Srebegan Kecamatan Ceper Kabupaten Klaten. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
03_HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (447kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
04_BAB_I.pdf

Download (16kB)
[img] PDF (Bab II)
05_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (31kB)
[img] PDF (Bab III)
06_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (15kB)
[img] PDF (Bab IV)
07_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (128kB)
[img] PDF (Bab V)
08_BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (12kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
09_DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (9kB)
[img] PDF (Lampiran)
10_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
02_NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (282kB)

Abstract

Tujuan Penelitian ini adalah Mendeskripsikan wujud pragmatik imperatif yang digunakan dalam kegiatan pembelajaran di taman pendidikan Alquran Al Falah Desa Srebegan Kecamatan Ceper Kabupaten Klaten. Dan Mendeskripsikan Faktor yang melatar belakangi terjadinya wujud pragmatik imperatif yang digunakan dalam kegiatan pembelajaran di taman pendidikan Alquran Al Falah Desa Srebegan Kecamatan Ceper Kabupaten Klaten. Jenis penelitian ini adalalah penelitian kualitatif. pengumpulan data menggunakan teknik simak bebas libat cakap. Teknik analisis data yang digunakan peneliti adalah metode padan ekstralingual. Hasil penelitian yang diperoleh pada penelitian ini ada tiga. (1) terdapat 28 data percakapan yang mengandung 13 wujud pragmatik imperatif yaitu: pragmatik Imperatif perintah, pragmatik Imperatif suruhan, pragmatik Imperatif permintaan, pragmatik Imperatif desa kan, pragmatik Imperatif bujukan, pragmatik imperatif persilakan, pragmatik Imperatif ajakan, pragmatik Imperatif permintaan izin, pragmatik Imperatif mengizinkan, pragmatik Imperatif larangan, pragmatik Imperatif harapan, pragmatik Imperatif anjuran, pra gmatik Imperatif ‘ngelulu”. (2) Dari 28 data percakapan terdapat 38 tuturan yang mengandung wujud pragmatik Imperatif. (3) Berdasarkan 28 data percakapan terdapat faktorfaktor yang melatarbelakangi uturan tersebut. Faktor tersebut adalah faktor rasa kesal, faktor kebiasaan, faktor kesulitan, faktor kesibukan, faktor letak yang jauh, faktor keterlambatan, faktor kekhawatiran, faktor waktu pelajaran habis, faktor ketakutan, faktor menunggu.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: wujud pragmatik imperatif, Taman Pendidikan Alquran
Subjects: P Language and Literature > P Philology. Linguistics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa, Sastra Indonesia dan Daerah
Depositing User: Users 10 not found.
Date Deposited: 12 Jul 2013 11:54
Last Modified: 01 Nov 2021 02:42
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/24756

Actions (login required)

View Item View Item