Penerapan Metode Diskusi Tipe Buzz Group Pada Materi Virus Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Dan Keaktifan Siswa Kelas X B MA Bustanul Ulum Pagerharjo Kecamatan Wedarijaksa Pati Tahun Ajaran 2012/2013

Rafiq, Anisur and , Drs. Djumadi, M.Kes and , Drs. Sofyan Anif, M.Si (2013) Penerapan Metode Diskusi Tipe Buzz Group Pada Materi Virus Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Dan Keaktifan Siswa Kelas X B MA Bustanul Ulum Pagerharjo Kecamatan Wedarijaksa Pati Tahun Ajaran 2012/2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
Halaman_Depan.pdf

Download (823kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (51kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (91kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (59kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (169kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (40kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (25kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (279kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas penerapan metode diskusi tipe Buzz Group pada materi virus untuk meningkatkan prestasi belajar dan keaktifan kelas XB MA Bustanul Ulum Pagerharjo Kecamatan Wedarijaksa Pati tahun ajaran 2012/2013. Hasil belajar siswa dilihat dari aspek kognitif. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas XB menggunakan metode diskusi tipe Buzz Group pada siswa berjumlah 45. Penelitian ini merupakan PEnelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan dalam dua putaran. Teknik pengumpulan data dengan observasi, dokumentasi dan tes. TEknik analisis data menggunakan teknis analisis data deskriptif kualitatif yaitu dengan cara menganalisis data perkembangan siswa dari putaran I sampai dengan putaran II. Sumber data diperoleh dari hasil tes siswa dan observasi. Hasil belajar siswa dengan penggunaan metode diskusi tipe Buzz Group pada putaran I siswa yang melebihi criteria ketuntasan minimal (KKM) 19 (42,2%). Pada putaran II siswa yang melebihi criteria ketuntasan minimal (KKM) meningkat menjadi 45 (100%) siswa, peningkatan hasil belajar kognitif siswa dari putaran I ke putaran II sebesar 13,89%. Untuk aspek afektif yang ditinjau dari keaktifan siswa saat proses pembelajaran mengalami peningkatan dari putaran I yaitu 71,02% termasuk dalam kategori berminat, sedangkan pada putaran II 76,9% termasuk dalam kategori sangat berminat. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa penggunaan metode diskusi tipe Buzz Group dapat meningkatkan keaktifan dan hasil belajar biologi siswa kelas XB MA Bustanul Ulum Pagerharjo Kecamatan Wedarijaksa Pati tahun ajaran 2012/2013.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: metode diskusi tipe Buzz Group, hasil belajar siswa, keaktifan siswa.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 12 Jul 2013 11:08
Last Modified: 03 Nov 2021 20:12
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/24747

Actions (login required)

View Item View Item