Pengaruh Bimbingan Belajar Orang Tua Dan Kelengkapan Fasilitas Belajar Terhadap Prestasi Belajar IPS Kelas VIII SMP Muhammadiyah 5 Surakarta Tahun Ajaran 2012/2013

Priyati, Yenny Agung (2013) Pengaruh Bimbingan Belajar Orang Tua Dan Kelengkapan Fasilitas Belajar Terhadap Prestasi Belajar IPS Kelas VIII SMP Muhammadiyah 5 Surakarta Tahun Ajaran 2012/2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
03._BAGIAN_DEPAN.pdf

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
04._BAB_I.pdf

Download (26kB)
[img] PDF (Bab II)
05._BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (51kB)
[img] PDF (Bab III)
06._BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (155kB)
[img] PDF (Bab IV)
07._BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (124kB)
[img] PDF (Bab V)
08._BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (16kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
09._DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (15kB)
[img] PDF (Lampiran)
10._LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
02._NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (270kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1) pengaruh bimbingan belajar orang tua terhadap prestasi belajar, 2) pengaruh kelengkapan fasilitas belajar siswa terhadap prestasi belajar, 3) pengaruh antara bimbingan belajar orang tua dan kelengkapan fasilitas belajar terhadap prestasi belajar. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa SMP Muhammadiyah 5 Surakarta Tahun Ajaran 2012/2013 berjumlah 191 siswa dengan sampel sebanyak 123 siswa yang diambil dengan teknik sample random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan metode dokumentasi dan metode angket yang telah diujicobakan dengan uji validitas dan uji reliabilitas. Teknik analisis yang digunakan adalah regresi linier ganda, uji t, uji F, sumbangan efektif dan sumbangan relatif. Berdasar hasil analisis data diperoleh persamaan regresi linier ganda sebagai berikut Y=47,731 + 0,206X1 + 0,352X2, artinya prestasi belajar dipengaruhi oleh bimbingan belajar orang tua dan kelengkapan fasilitas belajar. Berdasar analisis dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa: (1) bimbingan belajar orang tua berpengaruh terhadap prestasi belajar. Hal ini terbukti berdasarkan hasil perhitungan thitung untuk variabel bimbingan belajar orang tua sebesar 2,271 sehingga thitung > ttabel atau 2,271 > 1.980 (α = 0,05). (2) Kelengkapan fasilitas belajar bepengaruh terhadap prestasi belajar siswa. Hal ini terbukti berdasarkan hasil perhitungan thitung untuk variabel kelengkapan fasilitas belajar sebesar 3,733 sehingga thitung > ttabel atau 3,733 > 1.980 (α = 0,05) (3) Bimbingan belajar orang tua dan kelengkapan fasilitas belajar secara bersama-sama berpengaruh positif terhadap prestasi belajar siswa SMP Muhammadiyah 5 Surakarta Tahun Ajaran 2012/2013. Hal ini terbukti dari hasil uji F yang memperoleh Fhitung sebesar 21,937 lebih besar dari Ftabel (3,07) pada taraf signifikansi 5%. (4) Hasil perhitungan untuk nilai R2 sebesar 0.268, berarti 26,80% prestasi belajar siswa dipengaruhi oleh variabel bimbingan belajar orang tua dan kelengkapan fasilitas belajar, sisanya sebesar 73,20 % dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak ikut dalam penelitian ini.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: bimbingan, fasilitas, prestasi
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Users 10 not found.
Date Deposited: 11 Jul 2013 11:50
Last Modified: 11 Jul 2013 11:50
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/24740

Actions (login required)

View Item View Item