Prestasi Diri Penyandang Tunanetra (Studi Kasus Sekolah Luar Biasa Bagian Tunanetra/SLB A-YKAB Surakarta Tahun Ajaran 2012/2013)

Nurhayani, Titik and , Dra. Sri Arfiah, SH, M.Pd (2013) Prestasi Diri Penyandang Tunanetra (Studi Kasus Sekolah Luar Biasa Bagian Tunanetra/SLB A-YKAB Surakarta Tahun Ajaran 2012/2013). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (149kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (223kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (234kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (122kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (12kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (157kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (484kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk menggambarkan prestasi diri penyandang tunanetra di Sekolah Luar Biasa Bagian Tunanetra/SLB A-YKAB Surakarta. Penelitian ini menggunakan sumber data dari informan yakni siswa, guru SLB A-YKAB Surakarta dan dokumentasi. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Untuk validitas data menggunakan trianggulasi sumber data dan trianggulasi teknik. Metode penelitian ini, yaitu menggunakan teknik analisis interaktif. Analisis Interaktif digunakan untuk membandingkan data yang diperoleh dari observasi, wawancara dan mengkaji dokumen. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa para penyandang tunanetra mempunyai banyak prestasi meskipun secara fisik kurang dan sering mendapat perlakuan yang diskriminatif. Prestasi yang didapat para penyandang tunanetra tersebut dipengaruhi oleh dua faktor yaitu faktor yang berasal dari dalam (internal) dan faktor yang berasal dari luar (eksternal). Faktor yang berasal dari dalam (internal) antara lain intelegensi, motivasi, kepribadian, dan bakat. Faktor yang berasal dari luar (eksternal) antara lain lingkungan rumah, lingkungan sekolah, dan lingkungan masyarakat. Dalam proses meraih prestasi tersebut banyak kendala yang dihadapi, namun dengan penuh semangat mereka dapat mengatasi semua kendala tersebut sehingga prestasi dapat tercapai dengan baik.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: prestasi, diri, tunanetra
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: Users 10 not found.
Date Deposited: 11 Jul 2013 11:16
Last Modified: 26 Oct 2021 00:16
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/24739

Actions (login required)

View Item View Item