Sari, Dewi Purnama and , Prof.Dr.Yetty Sarjono,M.Si and , Dr.Sabar Narimo, M.M., M.Pd. (2013) Pengaruh Kedisiplinan Belajar Dan Kreativitas Guru Dalam Mengajar Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ekonomi Siswa Kelas VIII SMP Negeri 2 Sawit Boyolali Tahun Ajaran 2012/2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Naskah Publikasi)
JURNAL_PUBLIKASI.pdf Download (1MB) |
|
|
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf Download (11MB) |
|
|
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf Download (36kB) |
|
PDF (Bab II)
BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (61kB) |
||
PDF (Bab III)
BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (132kB) |
||
PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (169kB) |
||
PDF (Bab V)
BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (14kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (12kB) |
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (8MB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah: 1) Untuk mengetahui pengaruh kedisiplinan belajar terhadap hasil belajar. 2) Untuk mengetahui pengaruh kreativitas guru dalam mengajar terhadap hasil belajar. 3) Untuk mengetahui pengaruh kedisiplinan belajar dan kreativitas guru dalam mengajar terhadap hasil belajar. Metode penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Sawit Boyolali yang berjumlah 140 siswa, dengan jumlah sampel 100 siswa. Teknik pengambilan data yang digunakan adalah angket dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis regresi linier ganda, uji t, uji F, dan uji R2. Berdasarkan hasil analisis regresi linier ganda diperoleh garis persamaan regresi Y = 49,485 + 0,404.X1 + 0,187.X2, yang berarti bahwa hasil belajar dipengaruhi oleh kedisiplinan belajar dan kreativitas guru dalam mengajar. Berdasarkan data yang diperoleh dapat diambil kesimpulan: 1) Kedisiplinan belajar berpengaruh positif dan signifikan terhadap Hasil belajar. Hal ini berdasarkan hasil perhitungan uji t diketahui nilai thitung > ttabel yaitu 6,028 > 1,985 dan nilai probabilitas signifikansi < 0,05, yaitu 0,000. 2) Kreativitas guru dalam mengajar berpengaruh positif dan signifikan terhadap Hasil belajar. Hal ini berdasarkan hasil perhitungan uji t diketahui nilai thitung > ttabel yaitu 2,383 > 1,985 dan nilai probabilitas signifikansi < 0,05, yaitu 0,019. 3) Kedisiplinan belajar dan Kreativitas guru dalam mengajar berpengaruh positif terhadap Hasil belajar. Hal ini berdasarkan hasil perhitungan uji F diketahui nilai Fhitung > Ftabel sebesar 60,117 > 3,090 dengan nilai probabilitas signifikansi < 0,05, yaitu 0,000, berarti kedisiplinan belajar dan kreativitas guru dalam mengajar secara bersama-sama berpengaruh positif terhadap hasil belajar. Berdasarkan hasil perhitungan diperoleh nilai R2 sebesar 0,553 berarti 55,3% hasil belajar siswa dipengaruhi oleh variabel kedisiplinan belajar dan kreativitas guru dalam mengajar, sisanya 34,7 % dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak ikut diteliti.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Prestasi Belajar, Kedisiplinan belajar dan Kreativitas guru dalam mengajar |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Akuntansi |
Depositing User: | Users 10 not found. |
Date Deposited: | 11 Jul 2013 10:31 |
Last Modified: | 29 Oct 2021 06:51 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/24736 |
Actions (login required)
View Item |