Darmayanti, Dewi Safitri and , Dra. Main Sufanti, M.Hum. and , Drs. Zainal Arifin, M.Hum (2013) Peningkatan Keterampilan Menulis Naskahdrama Dengan Media Gambar Komik Pada Siswa Kelas XI IPS 3 SMA N 2 Sragen. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
03._HALAMAN_DEPAN.pdf Download (364kB) |
|
|
PDF (Bab I)
04._BAB_I.pdf Download (100kB) |
|
PDF (Bab II)
05._BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (162kB) |
||
PDF (Bab III)
06._BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (67kB) |
||
PDF (Bab IV)
07._BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (871kB) |
||
PDF (Bab V)
08._BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (54kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
09._DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (57kB) |
|
PDF (Lampiran)
10._LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (5MB) |
||
|
PDF (Naskah Publikasi)
Naskah_Publikasi.pdf Download (265kB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini, yaitu (1) untuk mendeskripsikan perubahan keaktifan siswa dalam mengikuti pembelajaran menulis naskah drama dengan menggunakan media gambar komik pada siswa kelas XI IPS 3 SMA N 2 SRAGEN, (2) untuk meningkatkan keterampilan menulis naskah drama dengan menggunakan media gambar komik pada kelas XI IPS 3 SMA N 2 SRAGEN. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Objek penelitian ini adalah siswa kelas XI IPS 3 SMA N 2 SRAGEN. Data penelitian ini adalah data yang dikumpulkan dari berbagai perubahan berupa informasi tentang proses pembelajaran menulis naskah drama, kemampuan siswa dalam menulis naskah drama, dan keaktifan siswa dalam pembelajaran menulis naskah drama. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan (a) observasi, (b) wawancara atau diskusi, (c) analisis dokumen, dan (d) tes. Validitas data dalam penelitian ini menggunakan teknik trianggulasi sumber data. Teknik analisis data penelitian ini adalah teknik analisis kritis. Hasil penelitian ini berupa meningkatkam keaktifan siswa dalam menulis naskah drama dengan media gambar komikdari semula 12 (32,43%) siswa menjadi 30 (81,08%) siswa dan peningkatan keterampilan siswa dari semula 16(43,24%) menjadi 32 (86,48%) siswa.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Komik, Drama, Menulis Naskah |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa, Sastra Indonesia dan Daerah |
Depositing User: | Users 10 not found. |
Date Deposited: | 11 Jul 2013 10:01 |
Last Modified: | 01 Nov 2021 02:01 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/24734 |
Actions (login required)
View Item |