Fadilah, Nurul and , Prof. Dr. Harun Joko Prayitno, M.Hum (2013) Bentuk Dan Posisi Tindak Persuasif Dalam Wacana Spanduk Di Lingkungan Pemerintahan Kota Surakarta: Kajian Pragmatik. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
03._HALAMAN_DEPAN.pdf Download (239kB) |
|
|
PDF (Bab I)
04._BAB_I.pdf Download (69kB) |
|
PDF (Bab II)
05._BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (152kB) |
||
PDF (Bab III)
06._BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (93kB) |
||
PDF (Bab IV)
07._BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (323kB) |
||
PDF (Bab V)
08._BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (55kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
09._Daftar_Pustaka.pdf Download (98kB) |
|
PDF (Lampiran)
10._LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (5MB) |
||
|
PDF (Naskah Publikasi)
02._NASKAH_PUBLIKASI.pdf Download (152kB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini ada dua yaitu (1) mengklasifikasikan bentuk-bentuk tindak persuasif dalam wacana spanduk di lingkungan pemerintah kota Surakarta. (2) mengklasifikasikan posisi tindak persuasif dalam wacana spanduk di lingkungan pemerintah kota Surakarta. Penelitian ini mengklasifikasikan bentuk-bentuk dan posisi tindak persuasif dalam wacana spanduk yang ada di lingkungan pemerintahan kota Surakarta. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode analisis deskriptif kualitatif. Objek dalam penelitian ini adalah memfokuskan pada tindak persuasif dalam wacana spanduk di lingkungan kota Surakarta. Data dalam penelitian ini adalah tindak persuasif wacana spanduk di lingkungan kota Surakarta. Sumber data dalam penelitian ini berupa sumber data tertulis, yaitu wacana spanduk yang ada di lingkungan pemerintahan kota Surakarta. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah teknik simak, catat, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan padan ekstralingual. Hasil penelitian ini disimpulkan bahwa bentuk-bentuk tindak persuasif dalam wacana spanduk di lingkungan pemerintahan kota Surakarta ada lima kategori, yaitu bentuk tindak persuasif ajakan, perintah, bujukan, saran, dan meyakinkan. Adapun bentuk tindak persuasif tersebut dibagi menjadi enam kategori, yaitu dilihat dari segi politik, sosial, ekonomi, pendidikan, agama, dan kesehatan. Ada empat kategori posisi tindak persuasif dalam wacana spanduk di lingkungan pemerintahan kota Surakarta, yaitu posisi tindak persuasif anafora, katafora, tengah, dan campuran. Temuan dalam penelitian ini, pertama bentuk tindak persuasif yang paling dominan adalah bentuk tindak persuasif ajakan, dengan prosentase 23%. Posisi tindak persuasif yang paling dominan adalah posisi tindak persuasif anafora, dengan prosentase 70%.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | tindak persuasif dan spanduk |
Subjects: | P Language and Literature > P Philology. Linguistics |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa, Sastra Indonesia dan Daerah |
Depositing User: | Users 10 not found. |
Date Deposited: | 11 Jul 2013 07:54 |
Last Modified: | 01 Nov 2021 02:00 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/24731 |
Actions (login required)
View Item |