Konflik Batin Tokoh Utama dalam Novel Ibuku Tak Menyimpan Surga di Telapak Kakinya Karya Triani Retno A: Tinjauan Psikologi Sastra

Amalia, Farisa Rizka and , Dr. Nafron Hasyim (2013) Konflik Batin Tokoh Utama dalam Novel Ibuku Tak Menyimpan Surga di Telapak Kakinya Karya Triani Retno A: Tinjauan Psikologi Sastra. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
03._HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (192kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
04._BAB_I.pdf

Download (156kB)
[img] PDF (Bab II)
05._BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (150kB)
[img] PDF (Bab III)
06._BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (261kB)
[img] PDF (Bab IV)
07._BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (203kB)
[img] PDF (Bab V)
08._BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (105kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
09._DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (102kB)
[img] PDF (Lampiran)
10._LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (229kB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
02._Naskah_Publikasi.pdf

Download (155kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan (1) mendeskripsikan struktur yang membangun novel Ibuku Tak Menyimpan Surga di Telapak Kakinya karya Triani Retno A, dan (2) mendeskripsikan konflik batin tokoh utama dalam novel Ibuku Tak Menyimpan Surga di Telapak Kakinya karya Triani Retno A. Objek penelitian ini adalah konflik batin tokoh utama dalam novel Ibuku Tak Menyimpan Surga di Telapak Kakinya tinjauan psikologi sastra. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu teknik pustaka dan catat. Teknik validitas yang digunakan dalam penelitian ini yaitu teknik trianggulasi teori. Adapun teknik analisis data menggunakan pembacaan model semiotik yang terdiri atas pembacaan heuristik dan hermeneutik. Hasil analisis struktural meliputi tema, penokohan, alur, dan latar. Berdasarkan tinjauan psikologi sastra, wujud Konflik batin dalam novel Ibuku Tak Menyimpan Surga di Telapak Kakinya hanya terdapat dua jenis konflik batin. a) konflik mendekat-menjauh, terdapat empat konflik (1) konflik batin ketika mendapatkan promosi dipekerjaannya, (2) konflik batin mengenai keinginan menikah, (3) konflik batin ketika harus bekerja diusia 18 tahun, dan (4) Konflik batin akibat tidak adanya penghargaan. b) konflik menjauh-menjauh, terdapat lima konflik (1) konflik batin ketika menjadi pembicaraan tetangga, (2) konflik batin akibat adanya rasa tidak aman dan rasa ketidaknyamanan, (3) konflik batin ketika akan dinikahkan dengan Harun, (4) konflik batin ketika fisik dan psikis Amelia merasa sakit akibat pemukulan dan cacian yang diberikan oleh Ibu, dan (5) konflik batin akibat tidak terpenuhinya kebutuhan akan cinta. Hasil penelitian ini dapat diimplikasikan ke dalam pembelajaran di SMA khususnya kelas XI.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: konflik batin, psikologi sastra, novel Ibuku Tak Menyimpan Surga di Telapak Kakinya
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa, Sastra Indonesia dan Daerah
Depositing User: Users 1514 not found.
Date Deposited: 11 Jul 2013 05:52
Last Modified: 31 Oct 2021 01:09
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/24724

Actions (login required)

View Item View Item