Prestasi Belajar Ilmu Pengetahuan Sosial Ditinjau Dari Kedisiplinan Belajar, Motivasi Berprestasi, Dan Lingkungan Keluarga Pada Siswa Kelas VII Sekolah Menengah Pertama Negeri 9 Surakarta Tahun Ajaran 2012/2013

Martathama, Putri and , Drs.Sudarto HS. MM and , Drs.Sriyono,M.Pd (2013) Prestasi Belajar Ilmu Pengetahuan Sosial Ditinjau Dari Kedisiplinan Belajar, Motivasi Berprestasi, Dan Lingkungan Keluarga Pada Siswa Kelas VII Sekolah Menengah Pertama Negeri 9 Surakarta Tahun Ajaran 2012/2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.PDF

Download (607kB)
[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.PDF

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (32kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (130kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (589kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (136kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (13kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (12kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.PDF
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1) Untuk mengetahui pengaruh kedisiplinan belajar terhadap prestasi belajar IPS siswa kelas VII SMP N 9 Surakarta. 2)Untuk mengetahui pengaruh motivasi berprestasi terhadap prestasi belajar IPS siswa kelas VII SMP N 9 Surakarta. 3) Untuk mengetahui pengaruh lingkungan keluarga terhadap prestasi belajar IPS siswa kelas VII SMP N 9 Surakarta. 4) Untuk mengetahui pengaruh kedisiplinan belajar, motivasi berprestasi, dan lingkungan keluarga terhadap prestasi belajar IPS siswa kelas VII SMP N 9 Surakarta. Penelitian ini termasuk jenis penelitian deskriptif kuantitatif dengan penarikan kesimpulan melalui analisis statistik. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP N 9 Surakarta tahun ajaran 2012/2013. Sampel diambil sebanyak adalah 155 orang siswa dengan teknik random sampling. Data yang diperlukan diperoleh melalui angket dan dokumentasi. Angket sebelumnya diuji cobakan dan diuji validitas serta diuji reliabilitas. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda, uji F, uji t, dan sumbangan relatif dan efektif. Hasil analisis regresi memperoleh persamaan garis regresi: Y = 55,529 + 0, 079 X1 + 0, 106 X2 + 0, 162 X3. Persamaan menunjukkan bahwa prestasi belajar dipengaruhi oleh kedisiplinan belajar, motivasi berprestasi, dan lingkungan keluarga. Kesimpulan yang diambil adalah: 1) ” Ada pengaruh kedisiplinan belajar terhadap prestasi belajar IPS siswa kelas VII SMP N 9 Surakarta tahun ajaran 2012/2013” dapat diterima. Hal ini berdasarkan analisis regresi linier ganda (uji t) diketahui bahwa thitung > ttabel, yaitu 2,639 > 1,960 dan nilai signifikansi < 0,05, yaitu 0,011 dengan sumbangan efektif sebesar 5,4%. 2) “ Ada pengaruh motivasi berprestasi terhadap prestasi belajar IPS siswa kelas VII SMP N 9 Surakarta tahun ajaran 2012/2013” dapat diterima. Hal ini berdasarkan analisis regresi linier ganda (uji t) diketahui bahwa thitung > ttabel, yaitu 2,920 > 1,960 dan nilai signifikansi < 0,05, yaitu 0,006 dengan sumbangan efektif sebesar 8%. 3) “ Ada pengaruh pengaruh lingkungan keluarga terhadap prestasi belajar IPS siswa kelas VII SMP N 9 Surakarta tahun ajaran 2012/2013” dapat diterima. Hal ini berdasarkan analisis regresi linier ganda (uji t) diketahui bahwa thitung > ttabel, yaitu 3,532 > 1,960 dan nilai signifikansi < 0,05, yaitu 0,001 dengan sumbangan efektif sebesar 28,5%. 4) “ Ada pengaruh kedisiplinan belajar, motivasi berprestasi, dan lingkungan keluarga terhadap prestasi belajar IPS siswa kelas VII SMP N 9 Surakarta tahun ajaran 2012/2013” dapat diterima. Hal ini berdasarkan analisis variansi regresi linier ganda (uji F) diketahui bahwa Fhitung > Ftabel, yaitu 6,814 > 2,60 dan nilai signifikansi < 0,05, yaitu 0,000. 5) Hasil uji koefisien determinasi (R2) sebesar 0,419 menunjukkan bahwa besarnya pengaruh kedisiplinan belajar, motivasi berprestasi, dan lingkungan keluarga secara bersamasama terhadap prestasi belajar adalah sebesar 41,9%, sedangkan 58,1% sisanya dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kedisiplinan, Motivasi, Dan Lingkungan Dan Prestasi Belajar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Users 10 not found.
Date Deposited: 10 Jul 2013 11:32
Last Modified: 29 Oct 2021 06:48
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/24715

Actions (login required)

View Item View Item