Narendra, Yusuf (2012) Strategi Pembelajaran Matematika Pada Anak Autis Di Sekolah Luar Biasa (Studi Kasus di Sekolah Mitra Ananda Colomadu Karanganyar). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
2._Halaman_Depan.pdf Download (2MB) |
|
|
PDF (Bab I)
3._Bab_1.pdf Download (51kB) |
|
PDF (Bab II)
4._Bab_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (110kB) |
||
PDF (Bab III)
5._Bab_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (112kB) |
||
PDF (Bab IV)
6._Bab_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (354kB) |
||
PDF (Bab V)
7._Bab_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (35kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
8._Daftar_Pustaka.pdf Download (65kB) |
|
PDF (Lampiran)
9._Lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
||
|
PDF (Naskah Publikasi)
Naskah_Publikasi.pdf Download (1MB) |
Abstract
Tujuan umum dari penelitian ini untuk memaparkan strategi pembelajaran matematika pada anak autis di Sekolah Luar Biasa Mitra Ananda Colomadu Surakarta. Tujuan khusus memaparkan perencanaan pembelajaran, pengorganisasian materi pembelajaran, pelaksanaan dan evaluasi pembelajaran matematika di Sekolah Mitra Ananda Colomadu Karanganyar. Jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan kasus. Informan adalah kepala sekolah, dan guru Sekolah Mitra Ananda Colomadu Karanganyar. Tehnik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan secara interaktif. Keabsahan data digunakan teknik triangulasi. Hasil penelitian: (1) Perencanaan pembelajaran matematika, guru sebelum memulai pelajaran menyiapkan materi dan media atau alat peraga, dan pembelajaran berjalan secara teratur, efektif dan kondusif. (2) Pengorganisasian Materi Pembelajaran mengacu pada tiga aspek yaitu isi, penataan urutan isi, dan penyajian. Pada aspek pemilihan isi meliputi ilmiah, relevan, memadai, aktual dan konseptual, fleksibel. Pada penataan urutan isi mencakup konsisten dan bermakna . Penyajiannya dari konkret-abstrak, sederhana-komplek dan bermakna. Dikatakan bermakna karena guru dapat memilih kegiatan pembelajaran yang ada kaitannnya dengan materi pembelajaran. (3) Pelaksanaan pembelajaran sangat baik dan terencana, dengan menerapkan tiga metode yang mudah di pahami. Metode tersebut yaitu konsentrasi, merangsang berpikir dan kepatuhan, dan untuk evaluasi pembelajaran mengunakan tiga tahap yaitu pre test, post test, dan test sumartif. Untuk evaluasi ini tidak menggunakan tolok ukur nilai, tetapi hanya menggunakan kelancaran dan untuk yang gagal maka diadakan remidi. Dan remidi dilakukan dua kali, atau empat kali.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | sekolah luar biasa, perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, evaluasi |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Users 10 not found. |
Date Deposited: | 10 Jul 2013 10:24 |
Last Modified: | 10 Jul 2013 10:24 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/24708 |
Actions (login required)
View Item |