Eksperimentasi Pembelajaran Matematika Melalui Strategi Contextual Teaching And Learning (CTL) Dan Open Ended Terhadap Hasil Belajar Ditinjau Dari Kreativitas Siswa (Pada Kelas VII Semester II SMP Negeri 1 Andong)

Lusiana, Vera and , Idris Harta, M.A., Ph.D (2013) Eksperimentasi Pembelajaran Matematika Melalui Strategi Contextual Teaching And Learning (CTL) Dan Open Ended Terhadap Hasil Belajar Ditinjau Dari Kreativitas Siswa (Pada Kelas VII Semester II SMP Negeri 1 Andong). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
Halaman_Depan.pdf

Download (596kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (104kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (274kB)
[img] PDF (Bab III)
bab_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (521kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (545kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (317kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (86kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
Naskah_Publikasi.pdf

Download (585kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui ada atau tidaknya: 1) pengaruh perbedaan antara strategi pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) dan Open Ended terhadap hasil belajar matematika. (2) pengaruh perbedaan kreativitas siswa terhadap hasil belajar matematika. (3) interaksi pengaruh strategi pembelajaran dan kreativitas terhadap hasil belajar matematika. Jenis penelitian termasuk eksperimen. Populasinya seluruh siswa kelas VII SMP N I Andong tahun ajaran 2012/2013 yang terdiri dari 7 kelas yaitu kelas VIIA, VIIB, VIIC, VIID, VIIE, dan VIIG. Sampel dalam penelitian ini terdiri dari dua kelas yaitu kelas VIIE dikenai strategi CTL dan VIIF dikenai strategi Open Ended. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah cluster random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan angket, dokumentasi dan tes. Teknik analisis data digunakan analisis variansi dua jalur sel tak sama yang sebelumnya dilakukan uji prasyarat analisis untuk uji normalitas dan uji homogenitas. Uji lanjut analisis variansi digunakan komparasi ganda dengan metode Scheffe. Dari hasil analisis data dengan taraf signifikansi 5 % diperoleh bahwa: (1) Ada perbedaan antara strategi pembelajaran (CTL) dan strategi pembelajaran (Open Ended) terhadap hasil belajar matematika siswa {(FA = 4,29154) > (Ftabel = 4,004)}. (2) Ada perbedaan hasil belajar matematika ditinjau dari kreativitas {(FB = 4,0265) > (Ftabel = 3,153)}. (3) Tidak terdapat interaksi antara strategi pembelajaran dan kreativitas siswa terhadap hasil belajar matematika {(FAB = 1,214) < (Ftabel = 3,153)}.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Hasi Belajar Matematika, Kreativitas Siswa, Strategi Pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) dan Open Ended
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Users 10 not found.
Date Deposited: 10 Jul 2013 08:27
Last Modified: 01 Nov 2021 22:32
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/24703

Actions (login required)

View Item View Item