Lusiana, Vera and , Idris Harta, M.A., Ph.D (2013) Eksperimentasi Pembelajaran Matematika Melalui Strategi Contextual Teaching And Learning (CTL) Dan Open Ended Terhadap Hasil Belajar Ditinjau Dari Kreativitas Siswa (Pada Kelas VII Semester II SMP Negeri 1 Andong). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
Halaman_Depan.pdf Download (596kB) |
|
|
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf Download (104kB) |
|
PDF (Bab II)
BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (274kB) |
||
PDF (Bab III)
bab_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (521kB) |
||
PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (545kB) |
||
PDF (Bab V)
BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (317kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (86kB) |
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (4MB) |
||
|
PDF (Naskah Publikasi)
Naskah_Publikasi.pdf Download (585kB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui ada atau tidaknya: 1) pengaruh perbedaan antara strategi pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) dan Open Ended terhadap hasil belajar matematika. (2) pengaruh perbedaan kreativitas siswa terhadap hasil belajar matematika. (3) interaksi pengaruh strategi pembelajaran dan kreativitas terhadap hasil belajar matematika. Jenis penelitian termasuk eksperimen. Populasinya seluruh siswa kelas VII SMP N I Andong tahun ajaran 2012/2013 yang terdiri dari 7 kelas yaitu kelas VIIA, VIIB, VIIC, VIID, VIIE, dan VIIG. Sampel dalam penelitian ini terdiri dari dua kelas yaitu kelas VIIE dikenai strategi CTL dan VIIF dikenai strategi Open Ended. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah cluster random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan angket, dokumentasi dan tes. Teknik analisis data digunakan analisis variansi dua jalur sel tak sama yang sebelumnya dilakukan uji prasyarat analisis untuk uji normalitas dan uji homogenitas. Uji lanjut analisis variansi digunakan komparasi ganda dengan metode Scheffe. Dari hasil analisis data dengan taraf signifikansi 5 % diperoleh bahwa: (1) Ada perbedaan antara strategi pembelajaran (CTL) dan strategi pembelajaran (Open Ended) terhadap hasil belajar matematika siswa {(FA = 4,29154) > (Ftabel = 4,004)}. (2) Ada perbedaan hasil belajar matematika ditinjau dari kreativitas {(FB = 4,0265) > (Ftabel = 3,153)}. (3) Tidak terdapat interaksi antara strategi pembelajaran dan kreativitas siswa terhadap hasil belajar matematika {(FAB = 1,214) < (Ftabel = 3,153)}.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Hasi Belajar Matematika, Kreativitas Siswa, Strategi Pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) dan Open Ended |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Users 10 not found. |
Date Deposited: | 10 Jul 2013 08:27 |
Last Modified: | 01 Nov 2021 22:32 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/24703 |
Actions (login required)
View Item |