Perbandingan Hasil Belajar Biologi (Materi Anatomi Bagian Bagian Pada Tumbuhan) Siswa Kelas VIII SMP N 6 Sragen Tahun Ajaran 2012/2013 Dengan Strategi Pembelajaran Jigsaw Dan Cooperatif Integrated Reading And Composition (CIRC)

Purnamasari, Inuk Arum and , Dra. Suparti, M.Si (2013) Perbandingan Hasil Belajar Biologi (Materi Anatomi Bagian Bagian Pada Tumbuhan) Siswa Kelas VIII SMP N 6 Sragen Tahun Ajaran 2012/2013 Dengan Strategi Pembelajaran Jigsaw Dan Cooperatif Integrated Reading And Composition (CIRC). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
03._HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (358kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
04._BAB_I.pdf

Download (26kB)
[img] PDF (Bab II)
05._BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (41kB)
[img] PDF (Bab III)
06._BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (135kB)
[img] PDF (Bab IV)
07._BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (88kB)
[img] PDF (Bab V)
08._BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (8kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
09._DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (12kB)
[img] PDF (Lampiran)
10._LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
02._NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (183kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbandingan hasil belajar siswa dengan menggunakan strategi Jigsaw dan strategi Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) pada materi anatomi bagian-bagian pada tumbuhan. Penelitian diadakan di SMP N 6 Sragen kelas VIII. Unyuk itu dalam penelitian ini digunakan kelas control untuk membandingkan dengan kedua strategi tersebut. Pengambilan sampel dilakukan menggunakan teknik random sampling dengan mengambil seluruhnya 96 siswa. Data hasil belajar didapat dari hasil posttest menggunakan 20 soal. Analisis data yang digunakan yaitu uji One Way Anova. Dari uji ini didapatkan nilai Fhitung sebesar 3,918 dan nilai Ftabel sebesar 3,09. Sehingga keputusan Fhitung > Ftabel yaitu 3,918>3,09. Dan dinyatakan bahwa H0 ditolak yaituketiga rata-rata sampel data tidak sama. Dari uji tersebut hasilnya terdapat perbedaan yang signifikan antara nilai rata-rata pada strategi konvensional (ceramah), strategi Jigsaw dan CIRC. Dari data yang diperoleh pada kelas control dengan strategi konvensional (ceramah) nilai rata-ratanya 67,03, untuk kelas dengan strategi Jigsaw nilai rata-ratanya sebesar 76,25 dan untuk kelas dengan strategi Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) nilai rata-ratanya 73,59. Dari nilai rata-rata ketiga kelas tersebut dapat disimpulkan bahwa nilai pada kelas Jigsaw lebih tinggi daripada CIRC dan ceramah. Dengan demikian strategi jigsaw dapat dikatakan lebih efektif untuk digunakan dalam proses pembelajaran Biologi dengan materi anatomi bagianbagian pada tumbuhan.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Strategi Jigsaw dan Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC), Biologi, Hasil Belajar Siswa.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 10 Jul 2013 08:35
Last Modified: 03 Nov 2021 20:05
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/24702

Actions (login required)

View Item View Item