Fawaida, Lutfiatul and , Rita P. Khotimah, S.Si., M.Sc. (2013) Upaya Peningkatan Keaktifan Dan Hasil Belajar Matematika Dengan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share Dan Make A Match (PTK Kelas VII B SMP Negeri 1 Surakarta Tahun Ajaran 2012/2013). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
Halaman_Depan.pdf Download (685kB) |
|
|
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf Download (202kB) |
|
PDF (Bab II)
BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (302kB) |
||
PDF (Bab III)
BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (243kB) |
||
PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (416kB) |
||
PDF (Bab V)
BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (199kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
Daftar_Pustaka.pdf Download (90kB) |
|
PDF (Lampiran)
Lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
||
|
PDF (Naskah Publikasi)
Naskah_Publikasi.pdf Download (676kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keaktifan dan hasil belajar matematika dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share dan Make A Match. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) atau Classroom Action Research (CAR). Subjek penerima tindakan yaitu siswa kelas VII B SMP Negeri 1 Surakarta yang berjumlah 26 siswa dan subjek pemberi tindakan yaitu guru matematika yang berkolaborasi dengan peneliti. Metode pengumpulan data dilakukan dengan observasi, dokumentasi, catatan lapangan dan metode tes. Teknik analisis data yang dilakukan terdiri dari: pengumpulan data, penyajian data, dan verifikasi data. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan keaktifan dan hasil belajar matematika siswa melalui model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share dan Make A Match. Hal ini dapat dilihat dari indikator-indikator keaktifan, yaitu: (1) siswa bertanya sebelum dilakukan tindakan sebesar 39% dan setelah tindakan mencapai 89%, (2) siswa menjawab pertanyaan sebelum dilakukan tindakan sebesar 42% dan setelah tindakan mencapai 85%, (3) siswa berani mempresentasikan jawaban di depan kelas sebelum dilakukan tindakan sebesar 35% dan setelah tindakan mencapai 77%, dan (4) siswa berani menanggapi pendapat siswa lain sebelum dilakukan tindakan sebesar 31% dan setelah tindakan mencapai 81%. Hasil belajar matematika siswa juga mengalami peningkatan, yaitu sebelum dilakukan tindakan hasil belajar siswa yang mencapai KKM ≥ 80 hanya 69% dan setelah tindakan mencapai 96%. Dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share dan Make A Match dapat meningkatkan keaktifan dan hasil belajar matematika siswa.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Think Pair Share, Make A Match, keaktifan, hasil belajar matematika |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Users 10 not found. |
Date Deposited: | 10 Jul 2013 07:25 |
Last Modified: | 01 Nov 2021 22:25 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/24695 |
Actions (login required)
View Item |